Kelebihan Lokomotif Seri BB dari Lokomotif seri CC Dalam Dunia Miniatur

         Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan kelebihan lokomotif seri BB dari pada lokomotif seri CC dalam dunia kereta api model/ miniatur. Bagi sebagian Rail Fans (Komunitas pecinta kereta api) pasti setiap individu memiliki lokomotif kebanggaannya masing-masing. Tapi tahu kah anda bahwa ternyata dalam dunia kereta api model, tidak semua lokomotif sama seperti yang ada di dunia nyata. Dalam dunia KAMOD (keretea api model) ada beberapa macam ukuran rel curve (lengkung), mulai dari ukuran R15, R18, R22, R24, atau bahkan R26. Rel standar yang biasa digunakan oleh pemainan kereta model adalah rel dengan radius 18 atau biasa disebut R18. Kelebihan dari rel ini adalah dapat dilintasi oleh kebanyakan lokomotif yang memiliki bentuk roda penggerak CC. 



            Jika anda memiliki rel dengan ukuran R18 maka jangan harap loko jenis CC dapat melaluinya dengan mulus dan sempurna, karena pasti akan terjadi drill/ anjlok (roda keluar) roda bagian depan. Rel dengan ukuran R15 hanya cocok digunakan oleh lokomotif yang memiliki bentuk roda penggerak BB, selain ukuran loko yang tidak begitu panjang, ukuran rida yang hanya dua juga menjadikan lokomotif jenis ini dapat berjalan mulus pada tikungan dengan R15. Jadi intinya pastikan pilihan anda dalam memilih lokomotif dan track lintasan yang akan dilaluinya. Selamat bermain kereta api.


          Selamat berkreasi sobat dan terimakasih sudah mengunjungi blog Dipo Lokomotif Mojosari.Sampai berjumpa pada postingan dan kreasi saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar