Dedikasi dan Tanggung Jawab Seorang Petugas Pemeriksa Terowongan (Wajib Baca)

      Selamat pagi sobat spoor semua, dimanapun sobat berada semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat untuk menjalani kegiatan hari ini. Jika pada postingan sebelumya saya telah bercerita bagaimana dedikasi dan loyalitas dari seorang petugas pemeriksa jalur rel. Maka pada postingan kali ini saya juga masih akan bercerita seputar orang-orang penting yang memiliki tanggung jawab besar dalam keselamatan perjalanan kereta api hingga sampai di tempat tujuan. 


      Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menceritakan, sebuah dedikasi dan tanggung jawab dari seorang petugas pemeriksa terowongan kereta api. Masih pada saat yang hampir bersamaan, yaitu saat saya mencoba melihat-lihat beberapa video tentang kereta api Indonesia. Maka muncul pula sebuah video yang judulnya kurang lebih "Petugas Pemeriksa Terowongan". Bagi para penumpang, saat-saat dimana kereta api memasuki terowongan mungkin dapat menjadi saat-saat yang menyenangkan. Karena tidak semua penumpang kereta api dapat merasakan saat kereta api melintas di jalur yang memang harus masuk kedalam terowongan.

     Hanya terdapat beberapa jalur kereta api di Indonesia yang melewati terowongan, seperti yang saya ketahui di antaranya adalah jalur ke Banyuwangi setidaknya melewati dua terowongan (mohon maaf bila saya salah, karena sudah lama sekali saya tidak melakukan perjalanan ke arah Timur. Terhitung, terakhir adalah tahun 2008 silam), selanjutnya daerah Malang menuju Blitar setidaknya memasuki dua terowongan di daerah Bendungan Sutami. Dan kemudian di daerah Bandung, selebihnya saya kurang mengetahuinya.


     Petugas pemeriksa terowongan, bertugas sekitar 8 jam sehari. Yang mana selama 24 jam, setidaknya terdapat 3 kali giliran jaga. Tugas dari para petugas ini adalah, memeriksa kondisi konstruksi terowongan seperti langit-langit terowongan, jalur rel yang masuk ke dalam terowongan, serta memeriksa aliran air yang terdapat di dalam terowongan. Saat kereta api akan melintasi terowongan, kereta akan menyalakan lampu utama yang berarti jalur aman untuk dilalui. Dan petugas pemeriksa terowongan harus berada dan berdiri pada pos pemeriksaan saat kereta api melintas.


    Sama seperti pekerjaan dan tugas dari para pemeriksa jalur rel kereta api, terlihat sederhana dan mudah. Namun apakah sobat menyadari, kalau semua nyawa penumpang dan awak kereta api berada di pundaknya?. Bayangkan jika tidak ada petugas-petugas yang penuh dedikasi ini, mungkin kit aakan melintasi terowongan dengan penuh was-was dan rasa takut. Namun dengan adanya sosok petugas ini, perjalanan kereta api menjadi lebih aman dan minim resiko. Semoga, jasa-jasa para petugas tersebut menjadi juga menjadi amal ibadah mereka.

    Baiklah sobat, mungkin sedikit goresan sederhana ini dapat membantu sobat untuk menambah informasi khususunya yang terkait dengan dunia perkereta apian Indonesia. Tidak lupa, saya ucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat semua di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar