Selamat pagi sobat semua dan Salam
Spoor...!!!! Semog apad apagi hari ini sobat semua selalu dalam keadaan sehat
dan juga bersemangat untuk menajalib erbagai macam aktifitas yang ada di hari
ini. Masih sama dengan tema sebelumnya, pada beberapa postingan kedepan saya
akan berbagi tips dan sharing pengalaman hunting foto kereta api yang saya alami selama tahun 2014.
Pada tulisan ini saya jgua masih menulisnya diatas kereta api Sancaka dalam
perjalanan saya dari Kota Yogyakarta menuju Kota Mojokerto. Pada kesempatan
kali ini saya akan sharing dan berbagi kepada sobat semua mengenai tips dan
trik terkait dengan cara memilih spot lokasi wilayah perburuan foto kereta api.
Sebelum itu izinkan saya untuk menjelaskan beberapa katagorisasi spot yang ada
dalam dunia perburuan fotography kereta api.
Beberapa katagorisasi yang
berhasil saya rangkum terkait dengan spot jalur kereta api adalah sebagai
berikut.
Spot Jembatan
Spot macam ini menyajikan
pemandangan dan hasil foto kereta api saat melintas diatasnya. Setidaknya dapat
diambil dengan dua engel berbeda. Pertama dari tengah dan kedua dari bawah
kereta api. Spot ini dapat didukung dengan beberapa variasi spot jembatan
seperti spot jembatan tiber seperti contoh yang ad adi jembatan Progo
Yogyakarta, spot jembatan terbang, spot jembatan macam ini diambil dari
ketinggian, sehingga menyajikan gambar rangkaian kereta api yang terlihat
berjalan dari atas bukit. Spot seperti ini bisa kita temukan di Jembatan lahor,
dan jembatan cikubang. Selanjutnya jembatan panjang, sepertinya spot seperti
ini hanya terdapat di jembatan Serayu. Bahkan terkdang lebar sungai lebih
panjang dibandingkan dengan panjang rangkaian kereta api.
Spot Persawahan
Spot seperti ini menyajikan
pemandangan kereta api yang sedang melintas diarea persawahan. Pad ahasil foto
diharapkan rangkaian kereta berjalan dengan paduan warna hijau dari warna padi
yang ditanam. Spot seperti ini dapat kita temukan di wilayah perbatasan antar
daerah yang masih terdapat banyak sawah. Kalau diperkotaan sepertinya sudah
tidak dapat ktia temukan lagi selain pemukiman padat penduduk.
Spot Perbukitan dan Pegunungan
Spot seperti ini juga tergantung
dari topografi yang dilewati oleh jalur kerata api. Dari pengalaman saya,
pemandangan seperti ini banyak ditemui di area Daop 2,6, 8, dan 9. Mungkin ini
jgualah yang menjadi kelebiha dari spot yang ada lintas daop.
Spot Terbang
Entah mengapa dinamakan spot
terbang, spot macam ini terdapat pada spot yang memiliki ketinggian lebih
dibandingkan dengan lintasan kereta api yang ada. Gambar yang dihasilkan dari
spot seperti ini adalah gambar kereta api dari ketinggian.
Spot Terowongan
Hampir sama dengan spit
perbukitan, pegunungan dan, terbang, serta jembatan. Spot semacam ini juga
merupakan kelebihan yang dimiliki oleh daerah masing-masing yang dilalui oleh
jalur kereta api. Lokasinya biasanya agak sult dijangaku karena harus masuk
blusukan.
Nah sobat, mungkin itu saja
beberapa katagorisasi spot yang baru bisa saya sharing dan bagikan kepad asobat
semua. Semoga sedikit goresan in dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sobat
semua terkait dengan spot yang ada dalam perburuan kereta api. Atas kurang
lebihnya saya mohon maaf karena saya memang masih sebagai tukang foto amatiran.
Tidak lupa saya ucapkan terimakasih banyak kepada sobat semua yang sudah mau
berkungjung ke Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jaya
Selalu Kereta Api Indonesia...!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar