KA Gaya Baru Malam Selatan Premium di Tahun 2017


CC201 Menghela KA Gaya Baru Malam Selatan Premium
Selamat dan Semangat pagi lurd.. Salam Spoorr...!!!! Nah lurd, rangkaian ini adalah rangkaian yang pernah sempat fenomenal di tahun 2017, setelah sebelumnya di tahun 2016, PT KAI membuat sebuah gebrakan dengan mendatangkan rangkaian kereta baru dari INKA yang menggunakan bogie tipe terbaru yaitu K10. Selain dari sisi bogie, pembaharuan rangkaian lainnya adalah pada bentuk kaca jendela, dimana pada rangkaian kereta penumpang pendahulu model dari kaca jendelanya terpisah-pisah dan terlihat jelas dari sisi eksterior kereta. Pada 2016, secara perdana PT KAI mendatangkan rangkaian eksekutif buatan 2016 dengan model kaca jendela seperti rangkaian milik Argo Bromo Anggrek dengan model eksterior menjadi satu. Ternyata tidak hanya kereta eksekutif saja yang didatangkan oleh PT KAI dari INKA, di tahun 2017, PT KAI kembali memberi gebrakan dengan mendatangkan rangkaian kelas ekonomi dengan model seperti halnya rangkaian kereta kelas eksekutif.


Hanya saja yang membedakan adalah dari jumlah dan posisi tempat duduknya. Tahun itu pula mengawali tahun lahirnya kereta ekonomi premium yang digadang-gadang keberadaannya akan menggantikan rangkaian kereta kelas bisnis. Kereta ekonomi premium memiliki posisi tempat duduk tidak seperti kelas ekonomi pada umumnya, dimana ekonomi premium memiliki konfigurasi kursi yang hanya nomor 11 dan 12 saja yang saling berhadapan dan sebagai pertemuan posisi tempat duduk. Sehingga, penumpang ada yang duduk menghadap searah dengan jalannya KA dan aja juga yang berjalan mundur seperti ekonomi pada umumnya.


Yang menarik dari kemunculan rangkaian ekonomi premium ini adalah, dimana rangkaian kereta ekonomi premium digunakan pada rangkaian KA Gaya Baru Malam Selatan dengan penambahan kata Premium di akhir. Pada saat itu, terdapat dua KA Gaya Baru Malam Selatan, dimana pertama adalah GBMS lama yang merupakan KA kelas PSO dan satu lagi adalah KA Gaya Baru Malam Selatan Premium yang menggunakan rangkaian kelas ekonomi premium. Dimana Gaya Baru Malam Selatan Premium diluncurkan pada saat musim lebaran di bulan Juni 2017.


Dalam perjalanannya, setelah usai dari musim libur lebaran, minat dan okupansi masyarakat untuk KA Gaya Baru Malam Selatan Premium cukup tinggi, sehingga pada bulan September 2017 yang bertepatan pada hari ulang tahun PT KAI tanggal 28, KA Gaya Baru Malam Selatan Premium resmi dihapus dan dijalankan KA penggantinya yang bernama KA Jayakarta Premium. Nah lurd, ini dia beberapa foto penampakan dari rangkaian KA Gaya Baru Malam Selatan Premium saat masih beroperasi di tahun 2017 silam. Selamat menikmati lurd.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar