Sejarah Skala N Pada Kereta Api Model

            Setelah kita mengetahui definisi dari kereta api model yang berskala N, kini kita akan sama-sama belajar untuk mengetahui sejarah dari skala N itu sendiri. Meskipun gaunge ukuran kereta api model skala N serta aksesoris yang memiliki skala yang sama ada sejak tahun 1927. Produk kereta api model sendiri yang berskala N justru baru diluncurkan dan diproduksi secara masal pada tahun 1962 oleh Perusahaan Arnold di Nuremberg. Tidak seperti skala dan ukuran standar gaunge terbaik lainnya. Dalam kurun waktu dua tahun produsen skala N mendefinisikan gaunge, tegangan arus, serta ketinggian dan jenis skrup yan gdigunakan. 

 Perbandingan skala N dengan jari manusia
(sumber foto: wikipedia.com)


             Misalnya produk perusahaan Arnold yang sekarang dikembangkan di mana-mana dengan nama coupler "Rapido", dengan maksud untuk memberikan desain coupler releasable sederhana dan kuat. Meskipun coupler asli buatan perusahaan Arnold telah bergabung dengan desain yang lebih fungsional dan estetis, Arnold memungkinkan penggunaan desain Rapido oleh produsen lain sehingga membentuk standar umum untuk dapat dipasangkan bersama-sama rolling stock dari sumber yang berbeda.



                                                                    Lokomotif skala N
                                                             (sumer foto: wikipedia.com)



            Skala N sendiri telah beredar keselruh dunia dengan standar besar skala yang telah ditentukan. Model sendiri terbuat dari sangat banyak ukuran standar prototipe dari setiap benua. Popularitas skala N adalah yang kedua setelah HO. Di Jepang, di mana ruang di rumah lebih terbatas, skala N adalah skala yang paling populer di sana, sedangkan skala HO dianggap terlalu besar. Tidak semua pemodel memilih skala N karena mereka memiliki ruang-ruang kecil, beberapa menggunakan skala N dalam rangka membangun model yang lebih kompleks atau lebih luas secara visual.
               
              Skala N di Australia telah menjadi lebih populer selama bertahun-tahun. Pemodel model terutama AS, prototipe Inggris dan Eropa karena untuk waktu yang lama pasar Australia tidak memiliki model prototipe lokal skala N. Pembuatan prototipe lokal sekarang menjadi "pondok" industri berkembang, membuat pemodelan Australia skala N lebih populer setiap tahun.


Lokomotif skala N
 (sumer foto: wikipedia.com)
 
N mengukur track dan komponen juga digunakan dengan skala yang lebih besar, khususnya Hoe dan OO9 skala untuk kereta api model dengan mengukur jarak antar rel. Model skala N pada track skala Z digunakan untuk model meteran pengukur ( NN3 ). Sejumlah kecil industri sempit pemodelan mengukur 2 'di N skala menggunakan track kustom dilakukan tetapi ada beberapa pemasok suku cadang. NN18 layout menggunakan track skala T dan mekanisme untuk mewakili mengukur minimum skala kereta api. Kereta api dan struktur skala N yang sering digunakan pada HO atau layout yang lebih besar untuk menciptakan perspektif, atau ilusi bahwa sebuah benda lebih jauh daripada yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar