Standar pada kereta api
model sangat berguna baik bagi produsen sebagai
penyedia barang dan juga pemodel sebagai pengguna. Yang mana standar tersebut
juga menjadi perhatian khsusu serta dipelihara oleh organisasi MOROP di Eropa
dan NMRA di Amerika Utara. Standar-standar ini umumnya sebuah
persamaan dalam standar-standar dasar pada kereta api model seperti gaunge pada
track, skala rasio, kopling, dan juga tenaga listrik yang digunakan. Namun ada
beberapa perbedaan dan faktor-faktor lain yang memang dikhususkan pada sebuah prototipe yang dimodelkan. Meskipun
roda dan standar track menggunakan skala standar, namun tidak sedikit yang
mengalami ketidaksamaan lantaran ada beberapa vendor yang tidak menggunakan standar
tersebut.
Lokomotif skala N yang didukung
oleh DC motor yang menerima maksimum 12 V DC. Dalam
kontrol sederhana seperti arus DC,
kecepatan kereta ditentukan oleh jumlah tegangan yang dipasok ke rel.
Arah kereta ditentukan oleh polaritas listrik dari kontroler
yang menuju ke rel. Sejak akhir abad ke-20,
peningkatan jumlah peminat sudah mulai menggunakan sistem kontrol kereta
digital untuk menentukan kecepatan dan arah kereta api mereka. Sebagian
al ini karena telah dimungkinkan oleh adanya teknologi dan motor baru yang
menarik sangat sedikit saat ini (biasanya 0.2amps). Sistem
kontrol digital yang paling populer digunakan di kereta api model skala N adalah
NMRA-DCC dan Selectrix .
Awal persetujuan untuk penggunaan
standar dikenal sebagai coupler 'Rapido' dari produsen pabrikan yang bernama Arnold,
coupler ini telah diproduksi di bawah lisensi dari TT-produsen lokal.
Sebagian besar perusahaan mengembangkan varian mereka
sendiri, dimana coupler yang diproduksi dengan pengembangan varian tersebut
tidak lebih adalah untuk untuk menghindari hak patendari perusahaan Arnold, khususnya pada bagian yang terletakk pada
sistem pegasnya. Graham Farish awalnya mengadopsi fleksibel U plastik daripada jenis
coupler yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan pabrikan Peco menggunakan sistem coupler tertimbang
kompatibel (Elsie) dan produsen Fleischmann lebih mengesampingkan masalah
dengan menggunakan plate yang kemudian ikut bermunculan. Namun
kesemuanya tersebut kompatibel.
Sistem coupler Rapido bekerja
dengan baik, tetapi sulit untuk digunakan untuk uncoupling otomatis dan juga
relatif sangat besar. Di AS, Kanada dan Australia
sebagian besar telah digantikan oleh sistem coupler magnet yang lebih terlihat relistis.
Awalnya dibuat oleh Micro-Trains . Produk
yang dihasilkan oleh perusahaan MT (seperti yang dikenal) tampak lebih halus dan lebih cocok untuk tampilan
kereta model skala Amerika Utara daripada menggunakan produk dari Rapido.
Selain itu, produk mereka juga dapat dibuka oleh magnet yang ditempatkan
di bawah trek. Produsen lain, seperti Atlas dan
Kato, sekarang membuat skrup yang jug adapat digabungkan dengan Micro Trains
skrup.
Pemodel Eropa memiliki pilihan
untuk mengubah sambungan pada rolling stock mereka ke sistem Fleischmann yaitu
dengan menggunakan sistem Profi-Coupler untuk pengoperasian yang lebih handal.
Tetapi rolling stock yang skala N terus diproduksi dengan menggunakan Rapido
skrup - desain yang cukup kuat dan mudah. Saham
skala N modern menggunakan NEM socket standar untuk skrup yang memungkinkan
desain kopling yang berbeda untuk digunakan hanya dengan menarik keluar coupler
lama dan mengantikannya dengan pas yang baru dari desain yang berbeda.
Dalam vendor Inggris semakin pengiriman kedua soket NEM untuk
skrup dan buckeye skrup.
Diterjemahkan dari wikipedia berbahas Inggris oleh Tim penerjemah Dipo Lokomotif Mojosari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar