Stasiun Patukan Sebagai Public Space Yogyakarta

      Jika pada postingan sebelumnya saya berada di Stasun Tugu Yogyakarta, maka pada postingan kali ini saya sudah berada di kawasan Stasiun Patukan yang berada di daerah Gamping Yogyakarta. Stasiun ini terletak di wilayah barat Yogyakarta. Jika melalui ringroad barat maka dapat dua jalan alternatif yang dapat dilalui untuk menuju ke stasiun ini. Yan gpertama melalui perempatan Gamping dan yang kedua adalah melalui perempatan ke arah Godean. Yang ingin saya ingatkan adalah, jangan melalui jalan di bawah fly over ringroad barat. Karena meskipun dapat menuju ke samping rel kereta api, namun sobat tidak akan dapat menuju ke arah stasiunnya karena terhalang oleh sungai yang tidak ada jembatannya. 


      Tempat dan letak stasiun ini sangat strategis dimana hampir sama seperti Stasiun Lempuyangan dan Tugu, Stasiun ini jgua berfungsi sebagai publik space. Yaitu tempat berkumpulnya orang-orang di sore hari, baik itu mereka yang membawa pasangannya seperti kekasih atau mereka yang sengaja membawa anak dan istrinya untuk sekedar bercengkrama dan duduk-duduk di pinggir rel kereta api. Untuk masalah keamanan sendiri, saya dapat mengatakan cukup aman, dimana terdapat lima buah rel kereta dan yang aktif hanya dua buah saja. Para pengjunjung biasanya menggunakan rel no 4 dan 5 untuk duduk-duduk. Sehngga jaraknya cukup aman dari lalu lintas kereta api.



       Karena banyaknya pengunjung yang datang, maka terdapat pula banyak penjual makanan di sekitar area. Hal yang seperti ini mendatangkan trezekid an berkah tersendiri bagi mereka yang menjajakan makanannya. Bagi teman-teman yang berada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, lokasi stasiun Patukan ini layak dicoba untuk menjadi alternatif tempat nongkring selain di cafe dan resto. Biaya yang relatif murah dan pemandangan alam dikala senja yang indah, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya. Berbeda dengan Lempuyangan yan gkit akan dikenakan biaya parkir motor. DI lokasi ini tidak dipungut biaya sepeserpun. So, tunggu apa lagi, yuk kita nongkring di Stasiun ini.. hehehe,, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!










Tidak ada komentar:

Posting Komentar