Ketangguhan Jelajah Rangkaian Kereta Api Madiun Jaya

     Selamat pagi sahabat spoor, diamanpun sobat berada semoga sobat selalu dalam keadaan sehat dan teteap besemangat untuk emnajani aktifitas hari ini. Dalam postingan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk jalan-jalan ke Kutoarjo dengan menggunakan KA Aji Saka dari Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta. Namun sebelum kita naik ke atas kereta kita harus menunggu terlebih dahulu karena rangkaian kereta masih berada di jalur 5 untuk di cuci.

 Madiun Jaya tiba di Sta Lempuyangan sekitar pukul 09.00

      Sambil menunggu kereta api di cuci, kita akan duduk manis di ruan gtunggu penumpang sambil melihat dan memotret semua kereta api yang datang dan berangkat dari Stasiun Lempuyangan. Ternyata rangkaian kereta yang akan masuk adalah, rangkaian KA MAdiun Jaya. Saya sendiri baru pertama lkalinya melihat rangkaian kereta api ini dengan mata kepala saya snediri. Karena hampir sama seperti rangkaian milik Arek Surokerto, sebelumnya saya hanya melihatnya dari media masa ataupun internet.

Tampak para penumpang yang turun dari KA Madiun Jaya di Sta Lempuyangan

     Dan pada pagi itu, saya diberi kesempatan untuk melihat rangkaian kereta api ini dari dekat dan memiliki kesempatan untuk memotretnya. Secara sekilas rangkaian kereta api ini memiliki kemiripan sama seperti rangkaian KA Arjuna yang melayani koridor Madiun - Surabaya Gubeng PP. Hanya saja, kalau KA Arjuna melayani wilayah Timur sedangkan KA Madiun Jaya ini melayani rute ke Barat hingga Kota Yogyakarta.


Terlihat dari pintu keluar stasiun

      Sulit untuk meremehkan kemampuan kereta api ini, karena jika dilihat daya jelajahnya yan gluar bisasa jauhnya mampu di tempuh dengan rangkaian kereta api ini. Dan yang lebih membangakan lagi adalah, rangkaian kereta api ini adalah asli buatan PT INKA Indonesia di Madiun. Saya pernah melihat rangkaian kereta api serupa sama seperti yang digunakan di Adtjeh dan bandara Kualanamu Medan. Tapi entah bentuk eksterior maupun interiornya sama atau tidak saya juga kurang mengetahuinya lebih detail. Hanya jika dilihat sekilas kereta api Madiun jaya ini memiliki kemiripan dengan kereta api tersebut (KRD Adtjeh dan Kualanamu Medan).

 Terlihat dari pintu keluar stasiun (stelah saya meminta izin kepada polsuska untuk memotret rangkaian ini)

      Yang membuat saya penasaran adalah, karena kereta api ini sudah menempuh jarak yang sangat jauh maka kereta api ini tidak akan beroprasi kembali hingga waktu pemberngkatran tiba. Berebda dengan rangkaian KA Prameks dan Sri Wedari yang terus melakukan bolak balik Yogya-Solo. Jika kerat api ini (mMadiun jaya) berhenti di Yogya maka rangkaian ini akan diistirahatkan. Hal serupa juga terjadi pada rangkaian KA Arjuna di Gubeng, yang mana jadwal pemberangkatan kereta api ini hanya satu kali sehari baik dari madiun maupun dari surabaya.

 Terparkir di Dipo Lokomotif

        Entah karena alasan okupansi ataupun ketahanan masinnya, namun kalau saya melhat mungkin karena cakupan okupansinya yang sudah digantikan juga soleh kereta api lokal lainnya yang menghubungkan Yogya-Madiun. Seperti halnya dari Madiun-Surabaya, pada jeda waktu pemberangkatan Arjuna, sudah ada rangkaian KA Sarangan yang menggunakan rangkaian Mutiara Selatan yang jgua melayani rute Madiun-Gubeng. Jika di daerah Yogya-Madiun juga terdapat rangkaian seperti Logawa dari Purwokewrto menuju Jember dan juga Sri Tanjung dari Lempuyangan menuju Banyuwangi.

 Foto diambil dari dalam kereta api Aji Saka




 Masih dalam ruang peristirahatan


Stasiun Lempuayangan

Tapi yang jelas, saya merasa senang dapat melihat kereta api ini secara langsung dan bisa menginformasikannya kepada sobat semua. Semoga sedikit goresan ini bisa membantu sobat semua dalam menemukan informasi yang sobat butuhkan terkait dengan dunia perkereta apian di Indonesia. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas kunjungan sobat semua di Dipo Lokomotif Mojosari.  Djaja Selaloe Keretja Api Endonesah...!!!!

1 komentar:

  1. Memang, untuk ukuran KRD, jarak tempuh KRDI Manja itu lumayan jauh dan ada sedikit tanjakan di daerah Solo - Jogja, sekitar 155 Km. Saat ini juga ada KRDI Cepu Ekspres dengan rangkaian KRDI yang sama dengan KRDI Manja dan KRDI Jenggala Sidoarjo - Mojokerto PP. Cuma jarak tempuh KRDI Cepu Ekspres juga tidak dekat. Dalam sehari, KRDI berangkat dari Cepu ke Surabaya (Pasarturi) lalu dari Surabaya ke Semarang, lalu diberangkatkan kembali dari Semarang ke Cepu. KRD nya parkir dan di istirahatkan di Sta Cepu. Jarak tempuh KRDI Cepu Ekspres juga lumayan jauh untuk ukuran KRD, sama seperti KRDI Manja AC, Non AC dan KRDI non AC Arjuna Ekspres. Memang KRD punya kelemahan yang berarti di jalur tanjakan, tapi sebenarnya KRD masih cukup kuat untuk menempuh jarak yang nggak dekat2 amat karena pakai mesin diesel yang sudah tangguh dari sana nya. :-)

    BalasHapus