Merasakan Jalan-Jalan Dengan Rangkaian Kereta Api Aji Saka

Selamat pagi sahabat spoor, diamanpun sobat berada semoga sobat selalu dalam keadaan sehat dan teteap besemangat untuk emnajani aktifitas hari ini.Jika dalam postingan sebelumnya saya mengajak teman-teman untuk melihat rangkaian kereta api Madiun Jaya maka dalam postingan kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk jalan-jalan ke Kutoerjo dengan merasakan rangkaian KA Aji Saka dari Stasiun Lempuyangan , Yogyakarta.

Persiapan pemberangkatan dari Lempuyangan

Pada malam sebelum kebernagkatannya saya sudah merencanakan jadwal berpergian saya kesokan harinya. Dimana pad ajadwal pemberangkatan KA Lokal yang behasil saya ambil foto jadwalnya di Stasiun Patukan beberapa lalu tertulis kalau pemberngkatan KA Aji Saka dalah pukul 08.45 dari Stasiun Lempuyangan. Maka pad keesokan harinya saya memutuskan untuk berangkat ke stasiun pukul 7 pagi sehingga pada pukul setengah 8 pagi s aya sudah bisa membeli tiket dan sarapan di stasiun.

Juru langsir yang sedang berbicara dengan masinis

Namun sepertinya dugaan saya meleset, dimana pembelian tiket untuk rangkaian kereta api ini hanya akan dilayani tepat pada pukul setengah sembilan yaitu sekitar 15 menit sebelum jadwal pemberangkatan kereta api. Dan saya memutuskan untuk sarapan soto daging khas Madura di depan stasiun. Setelah tepat pukul setengah sembilan saya kembali ke loket untuk membeli tiket kereta api tersebut. Dalam benak saya lebih baik saya langsung membeli tiket rangaian kereta api ini PP sehingga setibanya saya di Kutoaarjo nanti saya tidak perlu lari-lari dan bersusah kembali untuk membeli tiket lagi.

Persiapan pemberangkatan dari jalur 5

Namun lagi-lagi dugaan saya meleset untuk kedua kalinya, pembelian tiket untuk rangkaian kereta api ini tidak melayani pembelian secara PP hanya dibelakukan sekali jalan dan saya harus membeli tiket pulangnya dari Kutoarjo ke Yogyakarta di stasiun Kutoarjo. Saat saya konfirmasi mengapa bisa demikian si panjaga loket mengatakan kalau kereta api ini hanyalah kereta api lokal saja dan juga kereta api ini merupakan rangkaian milik KA Progo sehingga jika KA Progo mengalami keterlambatan KA ini tidak dioprasikan.

Satu kereta dua nama

Tapi logikanya kan, kalau saya berangkan ke Kutoarjo dan pembelian tikenya dilayani mengapa untuk kembalinya tidak dilayani, toh rangkaian KA Aji saka pasti sudah tersedia? hehehe.. saya rasa hanya sistemnya saja yang masih arus sedikit dibenahi.Hal ini tentu berbeda seperti yang saya rasakan di Jawa Timur saat setiap saya ingin berpergian dengan KA Lokal seperti Penataran dna juga Penataran Ekspress hanya untuk sekedar jalan-jalan dengan KA lokal.

Aji Saka

Selain tiket bisa dibeli untuk PP tiket rangkaian KA lokal di Daop 8 Surabaya juga bisa dipesan semingu sebelum hari pemberangkatan. Sungguh nikmat bukan?? hehe tapi sayangnya kenyamanan dan fasilitas tersebut tidak bisa say arasakan di Daop 6 ini. Dan kekecewaan saya kembali mencuat setelah dugaan saya lagi-lagi meleset, kaena ternyata kereta api akan diberangktkan pukul setengah sepuluh kaena rangkaian masih di cuci di jalur 5.

Setelah kembali tiba dari Kutoarjo di Lempuyangan

Namun seelah menugngu lama hingga setengah 100 rangkain KA tersebut belum juga dilangsir dan menunjukkan tanda-tanda KA akan segera diberangkatkan. karna di jakur 2 sudah terdapat rangkaian KA Bogowonto dengan tujuan Pasar Senen Jakarta. Sayapun kembali duduk manis menunggu rangkaian tersebut siap untuk diberangkatkan. Tepat pukul 09.4 menit lokomotif sudah mulai melangsir rangkaian kereta api ini dan melepas dua gerbong dari KA ini. Sehingga yang tadinya total rangkaian 10 gerbong  kini menjadi Aji Saka hanya menggunakan 8 rangkaian KA.

sesaat kereta di langsir bertemu dengan rangkaian KA sancaka dari Surabaya

Tapi kekecewaan saya terbayar ketika saya mengetahui kalau ternyata rangkaia kereta api ini sepi penumpang, sehingga tersasa seperti saya menyewa gerbong sendiri hehehe... Semoga sedikit goresan ini bisa membantu sobat semua dalam menemukan informasi yang sobat butuhkan terkait dengan dunia perkereta apian di Indonesia. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih atas kunjungan sobat semua di Dipo Lokomotif Mojosari.  Djaja Selaloe Keretja Api Endonesah...!!!!