Menuju Kota Yogyakarta Dengan KA Sancaka Pagi Surabaya

         Selamat pagi sobat semua dan salam spoor..!! Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk bersama-sama mengikuti perjalanan saya kembali menuju ke Kota Yogyakarta. Pada perjalanan kali ini agenda saya adalah untuk menghadiri rapat koordinasi para panitia orientasi mahasiswa baru pasca sarjana. Seperti biasa perjalanan menuju Kota Yogyakarta saya lakukan dnegan menggunakan tungangan kereta api sancaka. Perjalanan kali ini saya lakukan di siang hari, yaitu dengan menunmpang rangkaian kereta api Sancaka pagi yang berangkat sekitaqr pukul 08.45 dari Stasiun Mojokerto.

Sancaka pagi menggunakan CC206
      Kebetulan saya mendapatkan tiket untuk kelas bisnis dikarenakan tiket untuk kereta api kelas eksekutif sudah habis ludes terjual. Pemberangkatannya sendiri adalah hari senin pagi, untuk tanggalnya saya sendiri lupa. Yang jelas sudah selesai bulan puasa, karena saya sempat membeli nasi bungkus untuk makan siang di kereta api. Suasana gerbong saat itu tidak begitu ramai seperti biasanya, karena terlihat ramai namun ada saja bangku yang kosong meskipun hanya beberapa. Saya sendiri duduk dibangku no 9 A, tapi sayangnya saat saya naik kedalam gerbong bangkus aya sudah ad yang menempati dan dia seorang wanita. Mau ngusur juga gak enak, mungkin dia jarang naik kereyta api makanya saya mengalah saja deh.

206 dengan rangkaian Sancka pagi Surabaya
          Saat saya bertanya tujuannya, dia juga menjawa kalau dia hanya sampai solo. Berarti saya punya kesempatan untuk duduk didekat jemdela dari Kota Solo sampai Kota Yogyakarta ya lumayan lah. Tapi meskipun tidak duduk disampiung jendela saya memiliki kesempatan yang juga bagus. Yaitu saya bias dengan leluasa kelaur masuk gerbong karena posisi duduk saya yang memang tepat berada digang gerbong. Jadi tidak perlu sungkan untukpermisi kalau mau naik turun kereta api saat berhenti di stasiun-stasiun.


PPKA menyambut berita acara perjalanan
      Dalam perjalanan kali inipun saya dapat mengabadikan beberapa moment kereta api yang kebetulan berlokasi distasiun yang jgua disinggahi oleh rangkaian kereta api sancaka diantaranya adalah Stasiunmadiun dan Solo yang memang kebetulan terdapat rangkaian kereta api yang behenti di sana. Di stasiun tersebut daya berkesempatan untuk mengabadikan moment kereta api Prambanan Ekspress di Stasiun Solo balapan dan jgua rangkaian Kaligung Mas yang sedang beristirahat di Stasiun Madiun. Sesampainya di Stasiun tugu Yogyakarta saya jgua berkesempatan mendapatkan moment dari kereta api Madiun Jaya yang jgua sedang beristirahat di DIpo Kereta api Yogyakarta.

 PPKA menghampiri kabin masinis
        Untuk beberapa dokumentasi perjalanan saya juga bias sobat saksikan pada postingan dibawah ini nanti, semuanya lengkap mulai dari saat kereta api Sancaka memasuki Stasiun Mojokerto hingga kereta api tiba di Stasiun Yogyakarta. Oh iya yang menarik lagi adalah, kalau ternyata rangkaian keretya api ini tidak seperti rangkaian keretya api Sancaka pada hari biasanya karena rangkaian yang saya naiki kali ini menggunakan lokomotif terbaru dari seri CC206 general Elektrik.

 Siap menyambut neriota acara

 Sebuah bangunan tua yang ada di Stasiun Mojokerto

 PPKA yang bersiap menyambut berita acara

 CC206 yang bertugas menarik Sancaka Pagi memasuki Sta Mojookerto

 Turn table yang ada di Sta Mojokerto

 Para calon penumpang yang menunggu rangkaian Sancaka Pagi



 Bertemu dengan rangkaian Kaligung Mas di Madiun

 Disamping ari rangkaian itu terdapat Lokomotif BB301

 CC206 yang terparkir didepan pintuy pagar




 Persiapan diberangkatkan dari jalur 1


 Sinyal hijau pertanda aman untuk melanjutkan perjalanan

 Petugas yang memeriksa keadaan boggie

 Pengecekan bogie kereta

 CC201 yang sedang melangsir rangkaian di Sta Solo Balapan


 Perweselan Stasiun Solo Balapan sebelah Barat

 Bertemu Prameks di Sta Solo Balapan



 Bertemu rangkaian Madiun Jaya yang sedang terparkir


Dipo lokomotif Yogyakarta
       Semoga sedikit tulisan yang sederhana ini dapat memberikan informasi yang sobat butuhkan, dan tidak lupa saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada sobat semua yang telah berkenan untuk meluangkan waktunya guna mengunjungi Dipo Lokomotif Mojosari. Jangan lupa untuk tetap mengikuti saya pada tulisan yang akan hadir di artikel-artikel selanjutnya ya sobat sampai jumpa dan tetap semangat. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar