Inilah Alasan Mengapa Toilet Gratis Yang Ada di Stasiun Kurang Diminati

       Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!! Sebenarnya keinginan untuk menuliskan hal ini terlintas begitu saja dipikiran saya saat saya melihat sebuah toilet gratis yang ada di stasiun selagi sebelumnya saya membutuhkan toilet saat sebelum check ini ke dalam stasiun. Sekilas memang keberadaan toilet gratis ini sangat disayangkan, karena dari pengalaman saya menggunakan jasa layanan kereta api, keberadaan toilet ini belum dapat digunakan secara optimal. Kondisi yang seperti ini saya lihat terkait dengan lokasi dan posisi toilet yang berada di dalam bagian peron stasiun. Bisa jadi yang saya lihat ini merupakan beberapa stasiun yang lokasinya di stasiun-stasiun berukuran sedang. 

(Foto milik: Narendro Anindito)

         Posisi toilet yang berada di dalam peron stasiun tentu menyulitkan bagi para caloin penumpang yang belum melakukan check ini untuk dapat menggunakan sarana toilet tersebut. Apa lagi untuk dapat check ini biasanya petugas haru menyesuaikan waktu pemberangkatan kereta api si calon penumpang. Jika waktu tiba kereta api masih cukup lama, maka calon penumpang tersebut belum diperbolehkan untuk masuk ke dalam peron stasiun dan harus menunggu waktunya tiba untuk dapat check ini. Selain itu sarana toile tgratis yang berada di dalam stasiun lebih banyak dinikmati bagi para penumpan gyang turund ari kereta api ketimbang bagi para calon penumpang yang akan naik kereta api.

(Foto milik: Triono Bayu Sudibyo/detik.news)

           Kalau kuat menahannya mungkin bagi calon penumpan gkereta api akan lebih memilih untuk menggunakan toilet yang ada di kereta api ketimbang toilet gratis yang ada di stasiun. Hal tersebut diakrenakan, jeda waktu antara check dengan kedatangan kereta api biasanya berkisar 5 menit saja. Waktu yang sesingkat itu mana bisa digunakan untuk membuang hajat secara khusyu dan fokus. Biasanya yang terjadi adalah para penumpang akan takut untuk membuang hajat di toilet stasiun dikarenakan waktu singgah kereta api yang tidak lama.


       Mungkin kedepannya pihak menejemen kereta apid apat mensiasati lokasi yang strategis baik secara geopolitic maupun geostrategis bagi pada pengguna angkutan kereta api ini. Semoga kedepannya kereta api Indonesia dapat terus melakukan pembenahan dan pembaharuan (yang pasti tidak terus masalah profit namun juga segi sosial, karena merupakan BUMN). Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar