Selamat pagi sobat semua dan
Salam Spoor...!!!! Semoga pada pagi hari ini sobat semua selalu dalam keadaan
sehat dan senantiasa bersemangat untuk menajalani berbagai macam aktifitas dan
kesibukan yang ada di hari ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak
sobat semua untuk saling berdiskusi mengenai sebuah pertanyaan yang sering kali
saya temukan baik dalam group-group di media sosial ataupun saat berkumpul
dengan teman-teman rail fans. Sebelum saya menuliskannya, untuk sobat ketahui
bahwa tulisan ini hanya berdasarkan pada pengalaman dan perkiraan peribadi
terkait saya sendiri bukan orang tekhnik ataupun tekhnisi AC sehingga semua
yang terdapat pada tulisan ini hanyalah sebuah goresan dari hasil obrolan
teman-teman railfans. Banyak sekali teman-teman yang berpendapat bahwa AC yang
terdapat pada gerbong ekonomi AC ataupun kereta api eksekutif terasa lebih
dingin dibandingkan dengan AC split yang terdapat pada kabin gerbong penumpang
kelas bisnis dan ekonomi.
Jika dilihat secara terbuka,
bentuk dan sistem AC sendiri antara dua rangkaian kereta api tersebut memang
berbeda. AC yang terdapat pada rangkaian kelas ekonomi AC ataupun gerbong kelas
eksekutif meruapakam AC snetral. Yang mana hembsan AC keluar secara merata dan
keluar menyembur hampir keseluruh bagian gerbong. Berbeda dengan AC split yang terdapat pada gerbong kelas bisnis dan
ekonomi. AC tersebut bekerja tidak secara gradualy melainkan bekerja secara
sendiri-sendiri dan suhu pada setiap AC jgua harus distel dan disesuaikan
satu-satu dengan menggunakan remot, Sehingga jika terdapat satu AC tidak
bekerja secara optimal maka akan digantikan kinerjanya oleh AC lainnya.
Selain itu penempatan posisi AC
yang juga hanay terdapat beberapa blok pada setiap gerbong juga belum dapat
menjangkau seluruh ruangan yang terdapat pada kabin gerbong kereta. Hal ini
tentu sangat jauh berbeda dengan posisi ataupun sistem AC yang terdapat pada
rangkaian kereta ekonomi AC dan kabin kelas eksekutif. Meskipun demikian, dari
pengalaman saya saat menaiki rangkaian kereta api baik yang berkabin ekonomi AC
maupun kelas bisnis dan ekonomi, AC memang akan lebih terasa saat kita
menumpangi kabin kereta dengan AC sentral.
Meskipun demikian, pengadaan pendingin ruangan pada transportasi darat yang satu ini merupakan sebuah langkah besar dalam transformasi perkereta apian di Indonesia sebagai sarana transportasi massal yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Semoga kedepannya menejemen kereta api Indonesia dapat terus berbenah diri dan menyajikan layanan yang memuaskan bagi para penumpang kereta api. Jaya Selalu negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!
Meskipun demikian, pengadaan pendingin ruangan pada transportasi darat yang satu ini merupakan sebuah langkah besar dalam transformasi perkereta apian di Indonesia sebagai sarana transportasi massal yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Semoga kedepannya menejemen kereta api Indonesia dapat terus berbenah diri dan menyajikan layanan yang memuaskan bagi para penumpang kereta api. Jaya Selalu negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar