orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Mengapa AC Central Pada Gerbong Eksekutif Atau Ekonomi AC Lebih Dingin Dibangingkan AC Split Pada Gerbong Bisnis dan Ekonomi?

         Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Semoga pada pagi hari ini sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan senantiasa bersemangat untuk menajalani berbagai macam aktifitas dan kesibukan yang ada di hari ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk saling berdiskusi mengenai sebuah pertanyaan yang sering kali saya temukan baik dalam group-group di media sosial ataupun saat berkumpul dengan teman-teman rail fans. Sebelum saya menuliskannya, untuk sobat ketahui bahwa tulisan ini hanya berdasarkan pada pengalaman dan perkiraan peribadi terkait saya sendiri bukan orang tekhnik ataupun tekhnisi AC sehingga semua yang terdapat pada tulisan ini hanyalah sebuah goresan dari hasil obrolan teman-teman railfans. Banyak sekali teman-teman yang berpendapat bahwa AC yang terdapat pada gerbong ekonomi AC ataupun kereta api eksekutif terasa lebih dingin dibandingkan dengan AC split yang terdapat pada kabin gerbong penumpang kelas bisnis dan ekonomi.


       Jika dilihat secara terbuka, bentuk dan sistem AC sendiri antara dua rangkaian kereta api tersebut memang berbeda. AC yang terdapat pada rangkaian kelas ekonomi AC ataupun gerbong kelas eksekutif meruapakam AC snetral. Yang mana hembsan AC keluar secara merata dan keluar menyembur hampir keseluruh bagian gerbong. Berbeda dengan AC split  yang terdapat pada gerbong kelas bisnis dan ekonomi. AC tersebut bekerja tidak secara gradualy melainkan bekerja secara sendiri-sendiri dan suhu pada setiap AC jgua harus distel dan disesuaikan satu-satu dengan menggunakan remot, Sehingga jika terdapat satu AC tidak bekerja secara optimal maka akan digantikan kinerjanya oleh AC lainnya.

            Selain itu penempatan posisi AC yang juga hanay terdapat beberapa blok pada setiap gerbong juga belum dapat menjangkau seluruh ruangan yang terdapat pada kabin gerbong kereta. Hal ini tentu sangat jauh berbeda dengan posisi ataupun sistem AC yang terdapat pada rangkaian kereta ekonomi AC dan kabin kelas eksekutif. Meskipun demikian, dari pengalaman saya saat menaiki rangkaian kereta api baik yang berkabin ekonomi AC maupun kelas bisnis dan ekonomi, AC memang akan lebih terasa saat kita menumpangi kabin kereta dengan AC sentral.


       Meskipun demikian, pengadaan pendingin ruangan pada transportasi darat yang satu ini merupakan sebuah langkah besar dalam transformasi perkereta apian di Indonesia sebagai sarana transportasi massal yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Semoga kedepannya menejemen kereta api Indonesia dapat terus berbenah diri dan menyajikan layanan yang memuaskan bagi para penumpang kereta api. Jaya Selalu negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...