Benarkah di Tahun 2018 Palembang Akan Memiliki Kereta Dalam Kota? Ini Dia Informasinya



Akhirnya Presiden Jokowi menyetujui  permintaan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin terkait dengan pembangunan Light Rail Transit (LRT) kereta api listrik dengan gerbong pendek. Pemerintah pusat siap mengelontorkan dana untuk pembangunan LRT tersebut. Dana pembangunan LRT tersebut akan diambilkan dari dana APBN tahun 2016. Pembangunan LRT ini akan memakan dana sekitar 350 miliar rupiah perkilometernya. Pembangunan sendiri akan dikerjakan dalam jangka dua tahun, dimulai di tahun 2016 dan ditargetkan akan selesai di tahun 2018 sebelum Sea Games. 

        Pembangunan LRT terebut akan terbentang sejauh 24,5 kilometer dengan melewati 14 halte dari Bandar Udara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menuju Komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC). Jalur kereta tersebut nantinya akan dirancang layaknya seperti MRT, akan dibangun diatas median ataupun ditengah-tengah jalan. LRT sendiri memiliki keunggulan menggunakan tenaga listrik dan mampu membawa hingga empat buah rangkaian kereta. Perbedaan LRT dengan Monorel adalah pada piakan roda pada rel. Jika Monorel rodanya mencengkram rel, maka LRT sama seperti kereta api pada umumnya yang rodanya berjalan di atas rel.


        Dengan keberadaan LRT di tengah-tengah kota Palembang nantinya diharapkan moda transportasi massal tersebut dapat mengurai kemacetan yang ada. Karena tenaga penggeraknya menggunakan energi lsitrik, maka angkutan jenis ini tentu lebih ramah lingkungan dan dapat menekan angka polusi di kota-kota besar seperti di Palembang. Sebelumnya proyek LRT ini sendiri pernah direncanakan akan dibangun di Kota Jakarta, namun Gubernur DKI Jakarta Ahok menolak rencana tersebut, karena melihat LRT lebih cocok dibangun di Kota Palembang ketimbang di Jakarta yang sudah memiliki proyek monorel. 

        Nah sobat semikianlah sedikit informasi yang dapat saya berikan kepada sobat semua terkait dengan pembangunan LRT di kota Palembang yang akan dimulia pengerjaannya di tahun 2016 nanti. Jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai macam informasi serta sejarah perjalanan dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomtofi Mojosari. Oh iya sobat, jangan lupa untuk mengikuti instagram kami di @dipolokomotifmojosari ya.....Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar