orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Pengertian Skala N Pada Kereta Api Model

       Selamat pagi teman-teman, kalau dalam tulisan sebelumnya saya membahas mengenai skala HO atau 1:87 pada kereta api model maka pada tulisan kali ini, Dipo Lokomotif Mojosari akan membahas mengenai kereta api dengan skala N. So, langsung saja yuk kita ke pokok pembahasannnya.
        Skala N adalah skala yang juga populer dalam hal skala kereta api model. Tergantung pada produsen (atau lokasi negara), skala N sendiri berkisar dari 1:148 sampai dengan skala  1:160. Dalam semua kasus, gauge (jarak antara rel) adalah 9 mm atau 0,354. Istilah gaunge N sendiri mengacu pada dimensi track, tetapi khususnya di Inggris khususnya gaunge N mengacu pada skala 1:148 dengan 1:160 ( 9 mm atau 0,354 in) dalam pemodelan ukuran track. Istilah skala N dan gaunge N sering tidak akurat dan sering digunakan secara bergantian, seperti yang didefinisikan sebagai skala rasio atau proporsi model, dan mengukur hanya sebagai jarak antara rel. Untuk menjaga pertukaran materiel sederhana, skala 1:148 mendefinisikan ukuran rel dengan jalur kereta api sama persis dengan 9mm atau 0.354 " (pada biaya skala ketepatan). Jadi ketika menghitung rel dan / atau pemakaian lagu 1:148 dan untuk mesin dan dasar roda mobil menggunakan 1:160.

 Ukuran gaunge N
(sumber foto: wikipedia)

         Semua rel berjarak pada 9mm tapi berbeda tingginya. Tinggi adalah ketepatan dalam pengukuran tinggi rel, yaitu dari kode 55 adalah dengan ketinggian rel 60 mil dan ikatan berwarna coklat, sementara kode rel 80 adalah 80 mils dan ikatan hitam. Rel kereta api Real min 6 "tinggi dan bisa lebih tinggi, dan juga lebih luas di beberapa jalan. Jadi dalam skala rel harus sekitar 40mils tinggi untuk menjadi akurat Lama N mobil skala. Locos dan tidak akan bekerja pada kode 55 karena flensa pada roda terlalu besar. Agaknya semua mobil saat ini dibuat memiliki flensa pendek yang akan bekerja pada jadwal 55 dan ke atas.

 Lokomotif skala N
(sumber foto: wikipedia.com)
 
       Sebuah keuntungan dari skala N adalah memungkinkan penggemar untuk membangun layout yang mengambil ruang kurang dari skala HO , atau menempatkan lagi track berlari ke jumlah yang sama ruang, karena model yang lebih kecil (hampir setengah) daripada di HO Skala (1:87). Sementara skala N cukup kecil, itu bukan skala terkecil yang tersedia secara komersial, seperti Z skala lebih kecil namun pada 1:220 dan skala T adalah 1:450 atau 1:480. Skala N umumnya dianggap kompatibel dengan skala 1:144 untuk miniatur Wargaming .

 

2 komentar:

  1. om,
    mohon pencerahan.
    untuk mengetahui ukuran kereta miniatur yang kita punya bagaimana?

    terima kasih

    BalasHapus
  2. pak , minta tolong . cara mengetahui skala miniatur kereta bagaimana?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...