orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Rangkaian KRDI Arjuno Ekspres yang sekarang Menjadi Rangkaian Prambanan Ekspres

KRDI Arjuno Ekspress sebagai Prameks
Selamat dan semangat pagi sobat semua dan Salam SPoor..!!! Dalam postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam mengabadikan rangkaian KRDI yang satu ini. Pertama kali saya melihat rangkaian KRDI ini adalah di tahun 2014 silam, ketika KRDI ini masih berdinas sebagai rangkaian Arjuno Ekspress. Perjumpaan saya pertamakali adalah saat saya mengabadikan momennya di Stasiun Tarik. Kala itu, masih terdapat dua pengelaju dari kota Madiun meuju Surabaya. Pagi hari, layanan dari Madiun menuju Surabaya dilayani oleh Arjuno Ekspres sedangkan dari Surabaya menuju Madiun dilayani dengan KA Sarangan Ekspress yang menggunakan rangkaian Mutiara Selatan. Begitupun pada arah sebaliknya, KRDI Arjuno Ekspres kembali ke Madiun pada malam harinya dan Sarangan Eskpres pada siang hari, karena pada sore hari rangkaian akan digunakan kembali untuk KA Mutiara Selatan. Akhir tahun 2014, saya masih menikmati rangkaian ini, dan menumpang untuk perjalanan dari Surabaya menuju Mojokerto. Sampai akhirnya di pertengahan 2015, seingat saya, layanan KRDI Arjuno Ekspress tidak lagi ada, dan semuanya digantikan oleh Sarangan Ekspress. 


Pada tahun yang sama, 2014-2015, juga terdapat layanan KRDI dari Madiun menuju Yogyakarta dengan nama Madiun Jaya atau biasa dikenal dengan sebutan ManJa. Namun kedua layanan tersebut, KRDI Arjuno dan KRDI Madiun Jaya harus berhenti beroperasi di tahun 2015, seiring bergantinya grafik perjalanan kereta api yang baru. Pada tahun 2016, perjalanan kedua KRDI ini telah digantikan dengan layanan kereta api tiket parsial, atau kita dapat merasakan layanan dari Surabaya ke Madiun atau sebaliknya dengan layanan KA jarak jauh, namun harga jarak dekat.


Sampai akhirnya pada tahun 2017, saat saya kembali ke Yogyakarta, saya sudah menemukan kalau rangkaian KRDI Arjuno Ekspress, tengah berdinas melayani rute Kutoarjo-Yogyakarta sebagai KA Prambanan Ekspress yang biasa dilayani menggunakan rangkaian KRDE bekas KRL Holec yang dicat berwarna kuning. Namun ada kemungkinan saat itu, KRDE Prameks kuning sedang masuk ke dalam balai yasa untuk menjalani perawatan total.


Berikut beberapa gambar dari rangkaian KRDI Arjuno Ekspres yang sedang berdinas sebagai Prambanan Ekspres melewati petak di Sentolo, Kulonprogo, Yogyakarta. 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...