orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Lokomotif Uap Milik Pabrik Gula Sedatie

       Pada masa Hindia-Belanda, Jawa Timur merupakan daerah penghasil gula terbesar dunia. Hasil produksi berupa gula pasir banyak diekspor ke Eropa. Potensi lahan yang mendukung untuk tanaman tebu dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Hindia-Belanda dengan menarik investor untuk membuka pabrik gula.

Salah satu lokomotif uap yang dimiliki Pabrik Gula Sedati sedang melintasi jembatan Kali Sadar yang baru selesai dibangun

       Pengangkutan hasil panen tebu berbeda dengan sekarang. Semua tebu yang sudah bersih diangkut menggunakan lori-lori kecil yang ditarik oleh lokomotif. Setiap pabrik gula yang ada di Jawa Timur memiliki lokomotif uap yang relatif berbeda baik jenis dan jumlahnya. Selain menarik tebu dari kebun menuju pabrik, lokomotif uap juga sering digunakan untuk menarik gerbong gula menuju stasiun kereta api terdekat. Selanjutnya, dari gudang stasiun pengumpul, karung-karung gula dikirim menuju pelabuhan untuk diekspor.

         Foto menunjukkan salah satu lokomotif uap yang dimiliki Pabrik Gula Sedati sedang melintasi jembatan Kali Sadar yang baru selesai dibangun. Keterangan foto menyebutkan bahwa pengambilan foto dilakukan sekitar tahun 1926.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...