orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Bagaimana Kereta Ekonomi Lokal Dapat Ditarik Menggunakan Lokomotif Untuk Kereta Eksekutif?

KA Penataran dengan lokomotif CC206
Selamat dan semangat apgi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Bagaimana kabar sobat semuanya? semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat untuk menjalankan berbagai macam aktfitas yang ada di hari ini. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi sebuah pengalaman dari momen yang jarang didapatkan. Bagi kebayakan Railfans (Pecinta KA), kejadian ini merupakan sebuah moment indah yang jarang didapatkan. Karena dalam perjalanan regulernya, KA Lokal Penataran lebih banyak ditarik oleh lokomotif seri CC201 dan juga CC203, sedangkan untuk lokomotif CC206 karena tenaganya yang besar, lebih banyak digunakan untuk menarik rangkaian kereta barang dan juga kereta jarak jauh maupun menengah dengan kelas campuran dan eksekutif. Saya sendiri tidak mengira kalau KA Penataran yang akan saya abadikan pada pagi hari itu menggunakan lokomotif CC206, namun setelah saya melihat di beberaa grup Railfans, ternyata dalam beberapa hari belakangan dan kedepan, KA Penataran akan menggunakan lokomotif CC206. Maka dari itu muncul pertanyaan dalam diri saya, mengapa KA Penataran menggunakan lokomotif CC206?.
 
 
Saya melihat faktor yang melatarbelakangi dari mengapa KA Penataran menggunakan lokomotif CC206 adalah, karena pada musim pancemi virus Corona ini, banyak perjalanan KA dibatalkan dan tidak berjalan, artinya ada banyak sekali lokomotif dan juga kereta penumpang yang tidak berjalan alias berhenti dan tersimpan di beberapa stasiun. Oleh karena itu, mungkin agar mesin lokomotif tetap menyala dan tetap panas, digilirlah lokomoitf-lokomotif tersebut, untuk berdinas menarik rangkaian yang meski hanya untuk jarak dekat. Tidak hanya itu, dengan menggunakan lokomotif CC206, saya pikir juga akan memeprcepat waktu perjalanan KA Penataran, dimana KA tidak perlu memutar lokomotif di turn table seperti jika menggunakan lokomotif CC201 dan CC203. Setidaknya tidak memutar lokomotif di Kertosono dan Surabaya, cukup meminah posisi lokomotif saja.

 
Jika dilihat dari beberapa foto berikut, sepertinya lokomotif yang digunakan apda KA Penataran pagi kali ini merupakan lokomotif yang baru saja selesai menjalani perawatan berkala di Balai Yasa Yogyakarta. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi cat bagian cohanger dan juga logo depan yang masih terlihat cukup baru. Nah sobat, ini dia beberapa gambar yang berhasil saya abadikan dari rangkaian KA Penataran ketika berjalan menggunakan lokomotif CC206 di tengah pancemi virus corona. Selamat menikmati














 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...