orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Cara Merubah Lokomotif DC ke Sistem DCC Dengan Biaya Yang Murah Meriah

       Postingan kali ini merupakan tulisan yang pernah dimuat pada forum Indonesia Train Modelling Community. Kiriman dari Presiden ITMC sekaligus Kepala Dipo Maguwo bapak Kunto Wibisono Siswowardojo yaitu sebuah langkah dalam upgrade lokomotif dari sistem DC ke DCC dengan biaya yang murah meriah.

Kondisi loko setelah dibongkar, hati-hati semua hanya menggunakan "kancing plastik" tanpa baut. Berhubung loko keluaran lama, pada saat ini komponen sudah cenderung mudah pecah.

  Daleman loko TYCO ternyata beda dengan merk yang keluar saat ini. Motor tanpa flywheel dan berada di boggie... Yang berada di tengah (pada tanki) ternyata isinya pemberat bukan motor.

  Tampak sebelum di modif, ada lampu bulb satu biji jadi maju mundur lampunya nyala semua.


 Kondisi boggie depan ada motor dengan analog mode. Logam berwarna kuning langsung terhubung antara arus dari rel dengan motor. Bagian ini perlu dimodifikasi dengan cara logam dilepas dan dipotong dulu agar bisa masuk ke bagian DCC Decoder. Hati-hati ada per kecil di dalamnya.

Tampak setelah dimodifikasi dan dipotong.

 Boggie belakang, hanya berfungsi sebagai penghantar arus dari rel.

  Tampak modifikasi BULB to LED. Bisa dipasang dengan 2 LED untuk maju dan mundur.

Tampak atas setelah dipasang Bachmann DCC Decoder dan Boggie serta Motor TYCO.

 9. Tampak komponen secara keseluruhan setelah dimodifikasi tetapi belum dirakit ulang.

Finished...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...