orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Sepenggal Perjalanan Sejarah Trem Di Surabaya

          Masih dalam semangat untuk menelusuri jalur-jalur mati kereta api yang ada di wilayah Indonesia.  Ternyata tidak hanya wilayah Malang saja yang memiliki jalur trem yang panjang, namun begitu halnya di Kota Pahlawan Surabaya ini. Sesekali saya juga melakukan perjalan dengan menggunakan sepeda motor untuk menelusuri jalur mati yang masih terlihat keberadaannya dari sisa-sisa bangunan, rel, dan sinyal ataupun jembatan yang ada hingga saat ini. Nmaun tidak ayal pula saya menggunakan mesin pencari google untuk mendapatkan gambar-gambar arsip lama yang mana mengambarkan kisah dari perjalanan angkutan rel di Indonesia. 

 Moda trasnportasi masal yang hanya tinggal sejarah

 Tampak jalur Trem yang melintas di tengah kota
(sumber foto: kaskus.com)

           Sangat menyenangkan sekali dapat belajar banyak dari sejarah perkereta apian yang ada, apa lagi saat melihat-lihat masa-masa kejayaan kereta pai pada era kolonial Belanda. Di mana, banyak sekali dibangun jalur jaringan rel yang menghubungkan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya, yang saat ini mungkin sudah tidak digunakan kembali. Adapula beberapa ruas wilayah yang ada di tempat tinggal kita misalnya, yang tidak kita sadari kalau dulunya pernah dilewati oleh jaringan rel.

 

       Dahulu, kita juga memiliki transportasi seperti ini
(sumber foto: kaskus.com)

   Saat saya mencoba menelusuri arsip-arsip dan foto lama tentang perkereta apian di Indonesia, saya menemukan beberapa gambar yang menunjukkan kalau dahulu juga pernah ada angkutan trem di Indonesia. Pada dasarnya angkutan masal seperti trem ini merupakan sebuah investasi awal transportasi masal Indonesia, tapi entah mengapa seiring dengan berjalannya waktu, justru moda transportasi seperti ini ditiadakan. Padahal dinegara maju tempat angkutan ini dibuat, masih dilestarikan bahkan terus mengalami pembaharuan tekhnologi. Andai saja waktu busa saya putar mundur, ingin rasanya tetap memperjuangkan keberadaan moda transportasi seperti ini. Namun, nasi telah menjadi bubur, kisah trem dan luasnya jaringan kereta api Indonesia hanya menyisakan perjalanan sejarah yang panjang. Jika suatu saat nanti,saya diberikan kesempatan, ingin rasanya membuka kembali sejarah mengenai kejayaan perkereta apian kita di masa lalu. Jaya Selalu Kereta Api Indonesia.

 Suasana kota Surabaya yang masih lenggang
(sumber foto: kaskus.com)

 Trem Surabaya
(sumber foto: kaskus.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...