orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Standar Skala N Pada Kereta Api Model

         Standar pada kereta api model sangat berguna baik bagi  produsen sebagai penyedia barang dan juga pemodel sebagai pengguna. Yang mana standar tersebut juga menjadi perhatian khsusu serta dipelihara oleh organisasi MOROP di Eropa dan NMRA di Amerika Utara. Standar-standar ini umumnya sebuah persamaan dalam standar-standar dasar pada kereta api model seperti gaunge pada track, skala rasio, kopling, dan juga tenaga listrik yang digunakan. Namun ada beberapa perbedaan dan faktor-faktor lain yang memang dikhususkan pada sebuah  prototipe yang dimodelkan. Meskipun roda dan standar track menggunakan skala standar, namun tidak sedikit yang mengalami ketidaksamaan lantaran ada beberapa vendor yang tidak menggunakan standar tersebut.


           Lokomotif skala N yang didukung oleh DC motor yang menerima maksimum 12 V DC. Dalam kontrol sederhana seperti arus  DC, kecepatan kereta ditentukan oleh jumlah tegangan yang dipasok ke rel. Arah kereta ditentukan oleh polaritas listrik dari kontroler yang menuju ke rel. Sejak akhir abad ke-20, peningkatan jumlah peminat sudah mulai menggunakan sistem kontrol kereta digital untuk menentukan kecepatan dan arah kereta api mereka. Sebagian al ini karena telah dimungkinkan oleh adanya teknologi dan motor baru yang menarik sangat sedikit saat ini (biasanya 0.2amps). Sistem kontrol digital yang paling populer digunakan di kereta api model skala N adalah NMRA-DCC dan Selectrix .


           Awal persetujuan untuk penggunaan standar dikenal sebagai coupler 'Rapido' dari produsen pabrikan yang bernama Arnold, coupler ini telah diproduksi di bawah lisensi dari TT-produsen lokal. Sebagian besar perusahaan mengembangkan varian mereka sendiri, dimana coupler yang diproduksi dengan pengembangan varian tersebut tidak lebih adalah untuk untuk menghindari hak patendari perusahaan  Arnold, khususnya pada bagian yang terletakk pada sistem pegasnya. Graham Farish awalnya mengadopsi fleksibel U plastik daripada jenis coupler yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan pabrikan  Peco menggunakan sistem coupler tertimbang kompatibel (Elsie) dan produsen Fleischmann lebih mengesampingkan masalah dengan menggunakan plate yang kemudian ikut bermunculan. Namun kesemuanya tersebut kompatibel.


          Sistem coupler Rapido bekerja dengan baik, tetapi sulit untuk digunakan untuk uncoupling otomatis dan juga relatif sangat besar. Di AS, Kanada dan Australia sebagian besar telah digantikan oleh sistem coupler magnet yang lebih terlihat relistis. Awalnya dibuat oleh Micro-Trains . Produk yang dihasilkan oleh perusahaan MT (seperti yang dikenal) tampak  lebih halus dan lebih cocok untuk tampilan kereta model skala Amerika Utara daripada menggunakan produk dari Rapido. Selain itu, produk mereka juga dapat dibuka oleh magnet yang ditempatkan di bawah trek. Produsen lain, seperti Atlas dan Kato, sekarang membuat skrup yang jug adapat digabungkan dengan Micro Trains skrup.


      Pemodel Eropa memiliki pilihan untuk mengubah sambungan pada rolling stock mereka ke sistem Fleischmann yaitu dengan menggunakan sistem Profi-Coupler untuk pengoperasian yang lebih handal. Tetapi rolling stock yang skala N terus diproduksi dengan menggunakan Rapido skrup - desain yang cukup kuat dan mudah. Saham skala N modern menggunakan NEM socket standar untuk skrup yang memungkinkan desain kopling yang berbeda untuk digunakan hanya dengan menarik keluar coupler lama dan mengantikannya dengan pas yang baru dari desain yang berbeda. Dalam vendor Inggris semakin pengiriman kedua soket NEM untuk skrup dan buckeye skrup.

Diterjemahkan dari wikipedia berbahas Inggris oleh Tim penerjemah Dipo Lokomotif Mojosari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...