orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Perubahan Yang Ada Pada Toilet Kereta Api

           Pesing, tidak ada air, kotor, mungkin itulah kesan pertama yang kita jumpai saat menggunakan toilet yang ada pada gerbong kereta api sebelum tahun 2009. Saat PT KAI masih menggunakan maind set profit oriented, jumlah okupansi cakupan penumpang kereta api lebih diutamakan. Tidak peduli jumlah tempat duduk yang tersedia, asalkan kabin gerbong masih cukup untuk manampung jumlah penumpang, maka kalau bisa sebanyak mungkin penumpang yang harus dapat diangkut oleh kereta api tersebut. Kondisi yang sedemikian rupa justru menjadikan pelayanan yang ada merosot dan bisa dikatakan tidak manusiawai, khsusunya terkait dengan kondisi toiler kereta api. Padahal dalam sebuah pepatah lama mengatakan, Jika ingin mengetahui kebersihan sebuah tempat tinggal maka lihatlah terlebih dahulu kamar mandinya. Jika baik kamar mandinya maka baik pula seluruh kebersihan rumah tersebut. Hal ini pulalah yang terjadi pada toilet yang ada di dalam gerbong kereta api. Setelah reformasi menejemen dilakukan dalam tubuh PT KAI maka beberapa hal inilah yang kita temui saat ini.


Toilet Yang Bersih
         Hampir semua toile tyang saya dapati di setiap rangkaian gerbong kereta api sudah bersih. Jika dulu yang terlihat bersih hanya toilet yang terdapat pada gerbong kereta api eksekutif saja. Maka pada saat ini tidak ada perbedaan kelas, semua kelas pada kereta api sudah dapat dikatakan bersih.

Ketersediaan Air Bersih
        Jika dahulu ketersediaan air bersih hampir tidak ada, bahkan kalaupun ada mungkin jika saat rangkaian kereta api baru saj ameninggalkan stasiun pertama. Setelah itu, mungkin sulit sekali kit amendapatkan air bersih untuk bersuci di dalam toilet. Namun keadaan tersebut tidak lagi seperti saat ini, hampir sepanjang perjalanan dari awal hingga akhir kita akan mendapatkan air bersih yang selalu mengalir.

 
Toilet Yang Harum
     Kebersihan yang ada di toilet saat ini uga terkait dengan keharuman dan wanginya dalam toilet. Keadaan ini juga terkait erat dengan larangan untuk merokok di dalam rangkaian kereta api bagi seluruh penumpang dan kru kereta api. Sehingga toilet juga bebas asap dan sampah dari sisa puntung rokok.
Terdapat Tabung Penampung
        Pada rangkaian gerbong lama tidak terdapat kotak penampung sisa pembuangan dari toilet, sehingga kotoran kita langsung meluncur ke atas rel kereta api. Bahkan dari lubang wcnya kita dapat melihat bantalan dan besi rel kereta api. Namun sekarang ini, kita sudah tidak dapa tmelihatnya, karena toilet-toilet tersebut sudah mendapatkan kotak pembuangan yang berada di bawah gerbong. Jadi tidak kotor dan jorok seperti dulu.
       Nah sobat itulah beberap ahal terbaru yang ada di sebuah area toilet gerbong kereta api, baik kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Semgoa sedikit tulisan sederhana ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menghibur bagi sobat semua. Kurang lebihnya saya ucapkan mohon maaf yang sebesarbesarnya dan terimaksih atas kunjungan sobat semua di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...