orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Cara Menikmati Perjalanan Dengan Kereta Api dari Malang ke Mojokerto

Selamat pagi sobat semua dan Salam SPoor...!!! Ada kabar gembira nih, buat kamu warga Mojokerto yang sedang menempuh studi di Malang, khususnya buat kamu yang sering pulang pergi dari Mojokerto ke Malang atau sebaliknya. Jika dulu Mojokerto Malang dapat ditempuh dengan menggunakan bis, travel, atau sepeda motor. Sekarang, jarak dua kota tersebut jgua bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api. Sebenarnya dari dulu juga bisa ditempuh dengan kereta api, tapi jaraknya yang begitu jauh karena harus melewati jalur kantong terlebih dahulu (Jombang-Kertosono-Kediri-Blitar), saat ini jarak tersebut dipermudah dengan adanya jaringan jalur rel dari Stasiun Tarik ke Sidoarjo. 


Sebagai warga Mojokerto yang sekarang tinggal di Malang, saya juga sering sekali menggunakan jasa layanan kereta api untuk akomodasi saya. Caranya cukup mudah dan sebenarnya banyak pilihan. Pertama adalah dengan menentukan jadwal perjalanan, yaitu terkait dengan jam pemberangkatan dan kereta api yang kita pilih. Dengan dibukanya perpanjangan rute beberapa rangkaian kereta api seperti Bima dan Mutiara Selatan yang sebelumnya hanya sampaidi Surabaya Gubeng dan diperpanjang ke Malang, hal tersebut menambah banyaknya alternatif pilihan kereta api yang akan kita naiki. Jika sebelumnya hanya terdapat dua kereta apis aja, yaitu Penataran dan Jaya Baya, kini sudah terdapat dua kereta api kelas yang berbeda yaitu eksekutif dan bisnis. Jadi ada semua kelas yang melayani rute ini.

Menyambut kedatangan penumpang

       Kedua adalah kita menyesuaikan jadwal kereta api dari Sidoarjo ke Mojokerto ataupun sebaliknya, yang intinya adalah, kita harus dapat menyesuaikan jadwal tiba dan berangkat kereta yang akan kita naiki di Stasiun Sidoarjo baik yang atau dari Malang supaya kita tidak menunggu lama di stasiun. Seperti contoh saat saya berangkat dari Malang menuju Mojokerto, biasanya saya menggunakan dua kereta pilihan, pertama adalah kereta api Tumapel yang berangkat dari Malang pada pukul 04.30 dan kedua adalah KA Bima yang berangkat dari Malang pada pukul 14.25. Dua kereta api tersebut saya pilih sebagai alternatif karena jarak waktu tiba di Stasiun SIdoarjo dengan pemberangkatan Jenggala tidak terpaut begitu jauh. 

Bersiap melangsir lokomotif

      Jika KA Tumapel tiba di Sidoarjo pada pukul 06.25 maka setibanya di Sidoarjo saya cukup turun dan memutar ke pintu keluar untuk membeli tiket untuk KA Jenggala yang berangkat pada pukul 06.40, jadi hanya terpaut beberapa menit saja. Begitupun dengan KA Bima yang berangkat pada siang hari dari Malang. Berbeda dengan KA Tumapel pagi, jarak tiba dan berangkatnya terpaut cukup jauh, atau setidaknya saya harus menunggu sekitar 60 menit di Stasiun Sisoarjo. Yang penting jangan coba-coba untuk naik KA Mutiara Selatan karena harus menunggu di Sidoarjo sekitar dua jam setengah.. haha. 

Naik ke atas kabin

       Begitupun sebaliknya, jika dari Mojokerto biasanya saya menggunakan jasa kereta api Jenggala yang berangkat paling pagi dari Mojokerto dengan demikian tiba di SIdoarjo pada pukul 06.20 dan hanya menunggu sekitar 20 menit untuk KA Bima yang akan menuju Malang. Meskipun demikian ada beberapa kelemahan dengan menggunakan jasa kereta api, yang pertama adalah biayanya yang cukup mahal jika menggunakan rangkaian KA jarak jauh seperti Jayabaya, Bima, dan Mutiara Selatan, karena harga tiketnya sektiar 40 ribu sampau 60 ribu. Selain itu yang kedua adalah terkait dengan jadwal KA yang terkadang sering terlambat akibat gangguan teknis. Setiaknya sudah dua kali saya mengalami hal tersebut, dikarenakan ganguan KA Jenggala, beruntung saya belum membeli tiket untuk KA Bima. 

 Kabin nyaman kereta Bima

 Rangaian belakang

 New livery new image

 Layar display

 Persiapan langsir

 Berjalan memasuki jalur langsir

 Siap menempel di rangkaian KA Bima

 Siap mengamankan perjalanan KA

 Masih baru

Asisten Masinis
    
      Meskipun demikian, harus tetap saya akui bahwa perjalan dengan menggunakan kereta api tetap menjadi primadona, karena selain aman dan juga nyaman kita juga tidak penat karena disuguhkan dengan pemandangan alam Indonesia. Nah sobat, itu dia sedikit informasi sekitar perjalanan denan kereta api dari Malang ke MOjokerto ataupun sebaliknya, semoga bermanfaat ya.

2 komentar:

  1. jadi gaa ada rute dari mojokerto ke malang ya?

    BalasHapus
  2. Sekarang jadwal jenggala cm 1x pp.. Kalau mau lanjut naik KA penataran harus nunggu 2jam dlu di stasiun SIDOARJO.. Ada rekomend jadwal ka dari mjkrt ke malang yg g perlu nunggu lama gan?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...