Standar NEM adalah standar untuk rel kereta
api model yang dikeluarkan oleh MOROP . NEM
singkatan Normen Europäischer
Modellbahnen (Jerman), Normas
Europeas de Modelismo (Spanyol) atau NORMES Européennes de Modélisme (Perancis), yang jika di tererjemahkan
ke Indonesia adalah Standar Eropa untuk Model Kereta Api).
Ungkapan normal
Standar Modelling Eropa atau hanya Standar NEM digunakan antara
pemodel kereta api Eropa di Inggris.
Jenis kereta model Eropa
Standar NEM yang ditetapkan dan
dipelihara oleh Komisi Teknis MOROP bekerjasama dengan produsen model kereta
api. Standar NEM nantinya juga ikut menentukan
skala kereta api Model dan panduan bagi produsen dalam menciptakan produk yang
kompatibel dan membantu pemodel dalam membangun layout kereta api model yang
beroperasi andal. Standar meliputi bidang-bidang
seperti disarankan nilai , jumlah pemilih jari-jari, profil roda, desain kopling
dan Pengendali Digital Command dan sebagian besar skala tertentu.
Prinsip dasar dalam standar NEM adalah kompromi dalam rasio
pengurangan skala yang tepat untuk mendukung kehandalan operasional model
sistem kereta api. Contoh untuk hal ini adalah flensa
roda yang cenderung proporsional lebih luas dalam skala yang lebih kecil untuk
menjamin operasi yang handal.
Standar NEM mencakup
wilayah yang mirip dengan standar dan praktek yang direkomendasikan
didefinisikan oleh NMRA di Amerika Serikat , tetapi dua standar tidak universal
dipertukarkan. Dalam beberapa tahun terakhir,
MOROP dan NMRA telah bekerja lebih erat bersama-sama untuk menetapkan standar
umum untuk perkembangan seperti Digital Command. Produsen
model kereta api Eropa umumnya mengikuti standar NEM, sementara produsen
Amerika Utara umumnya mengikuti standar NMRA.
Diterjemahkan oleh: Tim penerjemah Dipo Lokomotif Mojosari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar