orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Penambahan lampu LED Pada Lokomotif Fenfa

       Sudah hampir seminggu ini, karena berbagai kesibukan saya belum kembali menulis blog ini. Baiklah tean-teman sekalian, dalam tulisan kali ini saya akan membahas masalah elektrisasi yang terkait dengan penambahan lampu depan pada lokomotif kereta api mainan merek Fenfa. Seperti yang kita ketahui, lampu bawaan lokomotif diesel ini hanya terdapat dua buah, yang pertama sebagai lampu utama di depan lokomotif dan yang kedua adalah lampu di belakang lokomotif.





       Hal yang perlu kita lihat sebelum melakukan penambahan lampu adalah, daya listrik yang dimiliki oleh kereta api jenis ini. Untuk menghemat sumber tenaga ada baiknya menggunakan led ukuran kecil yang biasa digunakan pada mainan anak-anak. Selain itu, dapat juga dengan melepas salah satu lampu utama yang ada di kereta. Yang palin gekstrime adalah melepas kabel suara. Tapi itu semua kembali lagi kepada keinginan masing-masing indvidu.



      Sebelum memulai operasi ini ada baiknya persiapkan segala alat dan bahan kebutuhan dalam penambahan lampu, seperti lampu led, solder, kabel, solatip dll. Jika semua persiapan dirasa sudah siap, maka segeralah buka bagian dalam kereta dan urutkan serta rapikan kabel-kabel yang ada. Jika sudah, maka coba lubangi bagian bodi luar plastik kereta yang akan ditanami dengan lampu baru. Jika sudah, pasang kebel dari lampu menuju sumber listrik yang ada, bisa menuju dinamo, ataupun sirkuit yang ada di dalam bodi.



       Jika dirasa sudah oke, maka segeralah panaskan solder dan solderlah bagian kabel tersebut pada sumber listriknya, dengan demikian proses penambahan lampu sudah selesai, tinggal menambahkan lem pada bodi luar kereta agar lampu tetap berada pada tempatnya. Kelemahan yang terjadi jika tidak satupun alat pengkonsumsi listrik di kurangi seperti lampu, sound dll. Maka nyala lampu akan redup dan batrai tidak akan tahan lama, kecuali kit asudah mengkonversi kereta tersebut menjadi kereta listrik seperti pada kereta api model. Selamat Mencoba


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...