orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Tugas dan Dedikasi Seorang Masinis



Halo selamat pagi sobat seklaian, terimakasih masih setia mengunjungi blog kami ini. Untuk tulisan kali ini kami akan membahas sosok yang bertugas untuk enjalankan rangkaian kereta api yang biasa kita kenal dengan sebutan masinis. Kata masinis sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Belanda yang berbunyi machinist yang artinya adalah juru mesin.

masinis yang sedang bertugas di dalam kabin lokomotif
(sumber foto: www.dishub.go.id)

Hal ini dikarenakan, pada masa awal perkerta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta api seperti yang ada sekarng ini, kereta dengan menggunakan mesin diesel ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana tugas dari masinis adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll. Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinispun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan rangkaian kereta api. Hal ni berkaitan langsung dalam perngoprasian kereta api seperti, menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api. 



PPKA dan Masinis, laporan jadual kedatangan kereta
(sumber foto: ardiantara.wordpress)


Nah, untuk menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan sobat. Karena untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan dan seleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Yogyakarta. Kurikulum pendidikan masinis mencakup: Dasar Kewiraan, Kursus Pra Jabatan, Pengenalan lapangan, Pendidikan dan pelatihan teknis fungsional serta praktik lapangan dan proses magang. 

 Masinis dan asisten masinis sedang bekerja di kabin lokomotif
(sumber foto: www.shnews.com)

Kalau dari cerita teman saya mas Angga Dwi, ternyata masinis juga mendapat pendidikan disiplin ala militer selama satu minggu di Magelang lho sobat. Dalam menjalankan tugasnya, masinis hanya diperbolehkan membawa rangkaian kereta api selama empat jam. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya tahan dan konsentrasi dari masinis itu sendiri (bisa dibayangkan kalau harus membawa dari Jakarta ke Surabaya nonstop). Untuk mengurangi resiko kecelakaan dan human eror, maka setiap empat jam sekali masinis wajib berganti giliran di stasiun yang sudah ditentukan. 

 Seorang masinis sedang membaca berita acara perjalanan kereta api
(submer foto:www.kereta-api.co.id)

Saat masinis satu turun dari kabin lokomotif, maka posisinya akan digantikan oleh masinis lain dari daerah oprasi wilayah tersebut, menuju daerah oprasi selanjutnya. Nah, untuk masinis yang turun tadi, dia akan ,menunggu kereta api selanjutnya ke arah balik stasiun awal masinis tadi berangkat membawa rangkaian kereta api. Dan seperti itulah seterusnya sobat, jadi hanya empat jam kerja saja. Tapi empat jam itu akan terasa berat karena tanggung jawab yang ada dipundak para masinis itu sendiri.

Salah satu integritas yang tinggi sebagai masinis telah ditunjukkan oleh para kru Commuter line yang mengalami kecelakaan di Bintari akhir tahun 2013 lalu. Bagaimana tidak, dengan tanggung jawab yang tinggi mereka tetap berada di kabin masinis untuk menahan laju kereta dan menyuruh para penumpang yang ada di gerbong satu untuk mundur hingga ke gerbong ketiga (saya selalu terharu membaca cerita dan dedikasi mereka sebagai masinis). Bagaimanapun juga, kami selalu berharap agar kereta api Indonesia selalu menjadi baik dari hari ke hari---Jaya Selalu Kereta Api Indonesia----

99 komentar:

  1. ahhhh pengen jadi masinis :)

    BalasHapus
  2. kalo jurusan teknik informatika apakah bisa jadi masinis juga????

    BalasHapus
  3. kalo jurusan teknik informatika apakah bisa jadi masinis juga????

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tau mas, coba langsung buka saja di wibesitenya KAI mas. Tapi kemarin teman saya juga ada kok 2 orang yang menjadi masinis dan 1 juru langsir..

      Hapus
    2. tapi basic SMA jurusan IPS gmn mas harjo, apakah sama sekali ijazah sarjana nya gak di gubris ??

      Hapus
    3. kalau bisa kan enak 4 jam kerja sambil menunggu ka selanjutnya bisa kerja freelance hehehehe

      Hapus
    4. Untuk lulusan SMA/K Sederajat : SMA :IPA
      SMK : -LISTRIK
      -OTOMOTIF
      -Elektronika
      -Mesin

      Hapus
  4. tempat pendidikan masinis dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, ya sepertinya saya belum pernah menulis tentang itu ya mas. Terimaksih banyak mas mungkin ini bisa jadi masukan untuk postingan selanjutnya. Tempat pendidikan masinis sendiri kebetulan dekat dengan kos saya di Yogyakarta mas. Tepatnya di dekat Stasiun Lempuyangan di bawah flyover. Satu pusat pelatihannya dan satu lagi di seberang sebelah Barat messnya. Kalau tidak salah namanya BPPT Darman Prasetyo...

      Hapus
    2. Oh berarti menjadi "MASINIS" Tak mudah yah,butuh kejiwaan yanq berat,Tak mudah ini sanqat sulit untuk menjalankan kereta api,Butuh kepercayaan,kejiwaan...

      #SatuKeretaSatuJutaSaodara

      Hapus
  5. terimakash blog nya mas, kalau di pulau jawa cuma 4 jam,saya masinis bandar lampung, 12 jam mas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Anonom, Sama2 mas, wah ternyata lebih lama lagi ya jam tugasnya mas. Semoga Mas Anonim selalu bersemangat untuk menjalankan tugas mulia ini. Dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Tetap semangat ya mas dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia.... !!!!!

      Hapus
    2. Mas anonim boleh minta id line atau wa nya mas. Saya mau nnya nnya tentang jadi masinis??

      Hapus
  6. mau nanya dong mas? kalau mau jadi masinis daftar langsung ke BPPT atau ke PT KAI nya dulu? tolong balas ke email saya dong mas vidi.ramdan@gmail.com makasih mas sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimaksih kepada mas vidi yang sudah mau berkunjung ke Dipo Lokomotif Mojosari. Untuk menjadi masinis lamaran bisa langsung dilayangkan ke PT KAI. Biasanya pembukaan pendaftaran akan diumumkan pad awibesite resmi milik KAI dan pendaftaran diadakan pada kantor masing-masoing Daop.

      Hapus
    2. mas saya lulus tahun ini,yaitu SMA IPA,apa bisa menjadi masinis?
      apa benar harus ada orang dalam/sistem kekeluargaan
      tes masuknya apa sulit n seperti apa?
      saya sering liat crita miring soal sulit.a menjadi masinis,tp tekat saya besar sejak kecil
      mhon dibalas,trimakasi.

      Hapus
    3. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak kepada mas buble pas yang te;lah mampir ke Dipo Lokomotif Mojosari. Terkait dengan cerita miring mengenai sulitnya masuk menjadi kru dari kai itu sendiri tidak benar mas. Seiring dengan perkembangan zaman dan tekhnologi sistem rekruitmen terus dibenahi. Pengalaman dari teman sauya sendiri kini sudah ada 3 orang yang menjadi kru kai. 2 menjadi masinis dan 1 menjadi juru langir di Sta Maos. Asalkan mas buble memenuhi syarat dan kriteria yang diharapkan, maka yakinlah mas buble pasti diterima...

      Hapus
  7. sebelumnya trimkasi banyak sudah merespon pertanyan saya
    sdikit pertanyaan saya lagi hehe
    apa lulusan SMA bisa apa harus D3 menjadi masinis?
    dan jika lolos pasti ada pelatihan/pendidikan lagi,apakah biaya pelathan/pendidikan kita tanggung sendiri
    trimakasi mas,jaya PT.KAI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau teman2 saya sendiri lulusan SMA mas, karena nantinya akan ada penddikan lagi dari PT KAI di BPTT Yogyakarta. Mungkin itu penyetaraan D3 nya... Semua biaya pelatihan sudha di tanggung oleh menejemen sekaligus dapat gaji dan pesangon..

      Hapus
  8. Terimakasi mas,atas jawaban yg memuaskan.
    semoga saya bisa menyusul,salam semboyan 35. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, jangan kapok dan bosan untuk berkunjung ke DIpo Lokomotif Mojosari ya.. :)

      Hapus
  9. mas klau igin jadi marsinis itu ngambil jurusan apa..........?

    BalasHapus
  10. Mas klo jadi masinis biasanya sesuai dgn domisili apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya bisa di tiap kantor daop yang membuka rekrutmennya mas...

      Hapus
  11. Mas klo jadi masinis biasanya sesuai dgn domoisili apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari pengalaman teman-teman saya mereka daftar di kantor daop terdekaty dari tempat tingggalnya mas..

      Hapus
  12. Mau tanya.. untuk pendidikan nya di bppt itu apa saja mas.? Apakah lari.? Renang? Push up?

    Dan lain sebagainya seperti sediakalanya ingin menjadi TNI / POLISI .

    MAKASIH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya bukan seorang masinis, saya tidak tahu pasti pendidikan seperti apa yang diajarkan di sana. Tapi kalau dari pengalaman teman saya yang seorang masinis, saat pendidikan di sana, calon masinis akan diajarkan pendidikan dan pengetahuan dasar mengenai / seputar kereta api dan lokomotif. Mulai dari teori hingga hal-hal yang berkaitan dengan masalah dan kendala teknis di lapangan. Seperti pengenalan spesifikasi loko, jalur rel, semboyan, dll. Pastinya para calon masinis dididik tentang kedisiplinan, karena semua peserta didik tinggal di dalam asrama dan dilatih oleh angota dari TNI.

      Hapus
  13. Mau tanya.. untuk pendidikan nya di bppt itu apa saja mas.? Apakah lari.? Renang? Push up?

    Dan lain sebagainya seperti sediakalanya ingin menjadi TNI / POLISI .

    MAKASIH...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya bukan seorang masinis, saya tidak tahu pasti pendidikan seperti apa yang diajarkan di sana. Tapi kalau dari pengalaman teman saya yang seorang masinis, saat pendidikan di sana, calon masinis akan diajarkan pendidikan dan pengetahuan dasar mengenai / seputar kereta api dan lokomotif. Mulai dari teori hingga hal-hal yang berkaitan dengan masalah dan kendala teknis di lapangan. Seperti pengenalan spesifikasi loko, jalur rel, semboyan, dll. Pastinya para calon masinis dididik tentang kedisiplinan, karena semua peserta didik tinggal di dalam asrama dan dilatih oleh angota dari TNI.

      Hapus
    2. kalo diterima jadi masinis itw harus gmna mas...
      aku cuma pnya ijasah SMA bkn ijsah teknisi atw pun mesin

      Hapus
  14. Mantab lanjutkan
    Semangat yang mau jadi masinis

    BalasHapus
  15. Menjadi masinis di focuskan sma ipa, smk otomotif,mesin,listrik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kejuruan mas, tapi sekarang kan ada sekolah perkeretaapian di madiun dan bekasi :)

      Hapus
  16. Mas saya mau tanya..saat ini saya kelas 3.SMP..saya melanjutkaan sekolah saya ke SMK jurusan Teknik Pemesinan..apa bisa saya menjadi masinis? Karna itu impian saya sejak kecil

    BalasHapus
  17. Wah, ini informasi yang saya cari-cari! Makasih mas udah ngeshare yaa..
    oiya mas, penerimaan masinis kira-kira bulan apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pertengahan tahun mas, dan disambung pendidikan di akhir hinga awal tahun.. tapu untuyk lebih pastinya coba terus ikuti laman resminya PT KAI saja mas atau pengumuman di stasiun terdekat.. :)

      Hapus
  18. Mas,maaf klo sya mengganggu. Sya mau tanya. Skrng ini sya sudah lulus SMP kls 3 dan sya ingin melanjutkan sklh sya ketingkat selanjutnya. Sya dari kecil ingin bercita-cita menjadi seorang Masinis. Dan skrng sya melanjutkan ke SMA jurusan IPA. Apa dengan jurusan sya itu sya bsa menjadi seorang Masinis ?

    BalasHapus
  19. Berapa lama pendidikan masinis mas ? gaji selama masa pendidikan berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk lama pendidikan kemungkinan setelah lulus seleksi beberapa bulan di Yogyakarta mas.Kalau teman kemarin juga dapet gai kok mas selama pelatihan, jadi uang sangunya awet,, hehehe

      Hapus
  20. mas gimana kalau mau ikut tes jadi masinis Ptki ini mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus ikuti laman resmi milik kai saja mas.. setiap akhir tahun biasanya ada perekrutan

      Hapus
  21. Kalo jadi masinis,kita dikasih waktu buat sholat engga ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, pasti ada mas, karena jam kerja masinis hanya sekitar 4 jam an...

      Hapus
  22. Kalo jadi masinis,kita dikasih waktu buat sholat engga ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, pasti ada mas, karena jam kerja masinis hanya sekitar 4 jam an...

      Hapus
  23. mas saya habis kecelakaan, kaki sy patah. apakah masih bisa jd masinis? mengingat kaki sy sdh tidak normal lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk syarat yang satu ini saya sendiri kurang mengetahuinya mas. mungkin bisa langsung membuka di web resminya kai mas...

      Hapus
    2. Kalo saya jurusan listrik mas apa bisa masuk . Dan misalnya kalo baru lulus skola langsung nglamar bisa gak yya ?

      Hapus
  24. Mas mau tanya....utk masinis pakai sistem kontrak atau jd pegawai tetap PT KAI....

    BalasHapus
  25. Mas mau tanya....utk masinis pakai sistem kontrak atau jd pegawai tetap PT KAI....

    BalasHapus
  26. Mas mau tanya....utk masinis pakai sistem kontrak atau jd pegawai tetap PT KAI....

    BalasHapus
  27. saya kuliah jurusan meteorologi terapan, kira kira bisa gak ya jadi masinis??

    BalasHapus
  28. Saya mau nnya itu buat ngelamarnya lewat website apah langsng ngasih lamarannya ? Tapi saya gatau tmpat buat ngelamarnya mas . Itu dimananya yya mas ? Saya butuh informasi itu . . Makasih yya mas . .

    BalasHapus
  29. saya dari jurusan smk permesinan . hla jika mau ikut seklolah lagi teknik masinis kira" dimana ya skolah nya tekhnik tersebut . mksih

    BalasHapus
  30. Klo smp doang bisa gak y mas... Soalnya orang tua saya cuma mampu. Smpe smp... Tpi sya kpengen jadi masinis

    BalasHapus
  31. mas mau tanya kalo d3 teknik mesin bisa gak jadi masinis?
    mohon jawabannya

    BalasHapus
  32. kalo lulusan teknik komputer jaringan bisa nggak mas? mohon pencerahannya

    BalasHapus
  33. terima kasih infonya mas , kalo saya boleh tau apakah bisa jurusan ips masuk menjadi masinis? kalau pun tidak bisa minimal perguruan tinggi yang selaras dengan dunia mesin itu bisa atau tidak? saya sangat minat namun saat ini saya masih kuliah di jurursan pariwisata dan perhotelan ...terimakasih mohon dijawab mas

    BalasHapus
  34. Anakku baru kelas 5 SD, dari kecil Cita2nya mau jadi MASINIS, tapi saya takut kalo anak saya jadi masinis, takut kenapa2...hehehe terimakasih utk infonya ya mas...

    BalasHapus
  35. Saya udh 3 kali mas ngelamar awal saya ngelamar thn 2007 dan itu gagal di tes akhir kesehatan ga kejawab 1 angka di test ishihara , ga ada toleransi padahal cuma satu angka yg lainnya kejawab dgn lancar .

    BalasHapus
  36. Malem mas haryo
    Permisi mohon pencerahanx,,saya pengen banget jadi masinis mas..
    Cuman kmrin kan sempet ada rekruitmen di webside KAI tp saya gak bisa register mas..
    Dan yang saya tny kan kalau misal saya datang langsung ke DAOP 8 surabaya itu apa bisa mas???
    Dan yang buat saya ragu lagi itu saya lulusan SMK tp bukan jurusan otomotif melainkan di bidang magement marketing mas,,mohon balesx ke email saya mas alif_pisces24@yahoo.co.I'd
    Dn buat rekan" yang tinggal di surabaya dn berkeinginan jadi masinis mari sama" kita daftar ini nope saya 087802113344 makasih

    BalasHapus
  37. Saya ingin sekali menjadi masinis mas :)
    Kan saya lgi smp kelas 3 sbntar lgi lulus, jdi saya harus sekolah di mana ? Smk atau sma ? Sma ipa atau ips ? Kalau smk ? Smk teknik mesin atau komputer di terima tidak ?
    Balas ke email ini ya abibriyadi11@gmail.com

    BalasHapus
  38. Klw lulusan stm jurusan otomotif apa bisa jadi masinis ?

    BalasHapus
  39. Klw lulusan stm jurusan otomotif apa bisa jadi masinis ?

    BalasHapus
  40. kalo saya masih smk teknik pemesinan kalo lulus nglamar jadi masinis bisa nggak mas ??

    BalasHapus
  41. Kalian ini sebelum nanya mending baca komen komen sebelumnya, rata rata udah dijawab sama si mas nya :)

    BalasHapus
  42. Kalian ini sebelum nanya mending baca komen komen sebelumnya, rata rata udah dijawab sama si mas nya :)

    BalasHapus
  43. Mas kalo lulusan sma swasta apa bisa langsung tes jadi masinis?

    BalasHapus
  44. Mohon sedikit pencerahannya mas..apakah jika kita lulusan S1 dan mendaftar melaui jalur sma apakah nantinya ada penyetaraan dengan pegawai yang yang masuk melalu jalur S1 ?... Bagaimana Jenjang Karirnya?

    BalasHapus
  45. kalo ke STIKA gimana mas? bisakah?

    BalasHapus
  46. Sama pagi pak atau mas.. Hhe. Mau tnya ini. Saya bingung mau gmna lagi waktu sudah mepet. Saya mau daftar pt kai lagi, tp datanya yg baru gak bisa masuk dikarenakan data lama masih. Trus saya harus gmna ya?? Mohon bantuannya trimakasih

    BalasHapus
  47. Berapa sih gaji masinis yg sbnar.nya. . .klo sma PLN itu beda jauh ap enggak
    Brpa kali gji dlam htungan thun?
    Apa ada gji kinerja dlm persemester?untuk golongan paling rendah kalkulasi.nya berapa?
    Mohon info yg jlas dri agan"

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Kalau untuk jabatan masinis dalam perihal kualifikasi pendidikan jenjang Smk dengan jurusan TKJ (teknik komputer jaringan), bisa ngga kira kira memperoleh jbtn tersebut. Agan agan yg sdh berpengalaman mhn sharing infonya.

    BalasHapus
  51. mau tanya mas, setelah lulus di pt kai, apakah masih ada tes untuk tahap selanjutnya ? sebagai seorang masinis ?

    BalasHapus
  52. Kalo jurusan s1 teknik mesin.. bisa ga jadi masinis ? Mohon infonya terimkasih.....

    BalasHapus
  53. Mas mau tanya, gajinya jadi masinis Sekitar berapa ?,dan gaji per bulan/tahun,& klau Menurut mas jdi masinis susah apa gk?!

    #di bls ya, trima ksih

    BalasHapus
  54. apakah smk jurusan pemasaran bisa jadu masinis gan

    BalasHapus
  55. Mas saya masih kelas 2 SMK jurusan otomotif. Apakah nanti kalau saya sudah lulus bisa melamar jadi masinis dgn ijazah smk jurusan otomotif mas??

    BalasHapus
  56. mas saya dari SMA jurusan ipa sebentar lagi mau lulus mau tanya pendaftaran calon masinis di yogyakarta bulan berapa ya dan tanggal berapa ya

    BalasHapus
  57. mas kalo lulusan SMK TKJ (TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN )bisa kg jd masinis ?

    BalasHapus
  58. Mau tanya kk? Kalau ada pertanyaan pilih mana antara masinis atau ppka?? Tolong jawabannya ya kk

    BalasHapus
  59. mas saya mau tanya , kan saya lulusan smk, jurusan saya Tehnik Komputer Dan Jaringan , apakah bisa jadi masinis ?? atau bekerja di kai?
    mohon bantuannya ma..makasih

    BalasHapus
  60. seminggu kerjanya berapa hari....?

    BalasHapus
  61. Kalo jurusan ips bisa bekerja di ptkai ga?

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Maaf kak mau tanya apakah lulusan SMA jurusan IPS bisa menjadi masinis mohon penjelasannya yh

    BalasHapus
  63. apakah lulusan smk teknik pemesinan bisa jadi masinis

    BalasHapus
  64. apakah lulusan smk teknik pemesinan bisa jadi masinis

    BalasHapus
  65. ADUH AKU PERTAMA MASUK SMA UDAH MILIH JURUSAN IPA TAPI SEKARANG MALAH KE IPS):

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...