orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Jalan-Jalan ke Stasiun Kota Sidoarjo

       Selamat pagi sahabat spoor, dan Salam SPoor...!!! Semoga pagi hari ini sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat untuk menjalani berbagai kegiatan dan aktifitas hari ini. Setelah pada postingan sebelumnya saya mengajak sobat semua uantuk mencoba spot hunting di Stasiun Kedinding, maka pada postingan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk jalan-jalan ke Sidoarjo. Sebenarnya postingan kali ini erat hubungannya dengan dua postingan selanjutnya, yaitu adanya kecelakaan PLH Kereta Inspeksi Sindoro dan Semeru di Buduran SIdoarjo beberapa waktu lalu yang menyebabkan rangkaian KA Lokal seperti Dhoho melakukan KLB melalui Stasiun yang statusnya masih non aktif yaitu Stasiun Tulangan Sidoarjo.

KA Dhoho yang tertahan

      Namun karena kedua berita tersebut masih ada di memori hp saya dan belum saya pindahkan ke dalam leptop maka, saya memutuskan untuk memposting yang sudah ada terlebih dahulu di laptop saya ini. Setelah saya berhasil meliput dna mengambil beberapa gambar dari tempat kejadian perkara TKP PLH Kais Sindoro dan Semeru saya memutuskan untuk kembali pulang ke Mojosari. Namun sayangnya jalanan yang saya lalui telah mengalami macet total akibat banyaknya kendaraan yang melambatkan lajunya untuk melihat peristiwa tersebut. Belum lagi saat itu wakt masih menunjukkan pukul 06.00 WIB jam sibuk bagi apra pekerja untuk pergi ke lokasi kerja dan para siswa sekolah untuk masuk ke sekolah.

Saya mencoba mendekati rangkaian tersebut dan tampak kereta perawatan juga sedang terparkir di sana

       Maka saya memutuskan untuk mencoba mencari jalan alternatif melalui perumahan dan juga beberapa desa yang ada di Kota Sidoarjo. Dan tiba-tiba terlintas dibenak saya untuk mencoba melihat sekalian ke Stasiun Sidoarjo siapa tau ada rangkaian kereta api yang tertahan di stasiun tersebut. Setelah kurang lebih setengah jam saya menelusuri jalan-jalan perumahan dan desa maka saya kembali mencari titik temu ke likasi rel kereta api. Dan alhamdulillah saya menemukan jalan menuju stasiun, maklum saja, meskipun saya sering ke SIdoarjo untuk mengantar bapak saya ke Bandara Juanda tapi saya belum pernah ke Stasiun Sidoarjo untuk hunting.


Cukup lama KA ini tertahan di stasiun Sidoarjo

       Padahal di tahun 2007 lalu saya pernah turun dan sholat subuh di stasiun tersebut akibat saya dan teman saya saat itu kebablasan. Yang rencananya kami turun di Stasiun Bangil, justru kebablasan ke Stasiun Sidoarjo akibat kami berdua tertidur lelap dan tidak tahu kalau kereta telah memasuki Stasiun Bangil. lagi pula saat itu kereta api Mutiara Timur yang kami naiki kami mendapatkan gerbong di akhir rangkaian. Kembali ke fokus utama hehehe.... Dan setelah saya menemukan lokasi stasiun, maka benar saja terdapat satu rangkaian kereta api lokal Dhoho yang tertahan di stasiun tersebut.


 Gambar diambil dari arah utara

 Jalur mati yang kini telah tertutup tanah

 Sepertinya dulunya ini merupakan bagian dari jalur emplasemen

 Plang nama Stasiun Sidoarjo

 Jembatan yang menghubungkan ke Stasiun Tulangan

 Rumah sinyal yang terdapat di perumahan padat penduduk

 Lokomotif yang sedang dilangsir

Dilangsir dari arah Selatan

       Sayapun kembali menyiapkan kamera saya untuk mengambil beberapa gambar stasiun dan kereta api tersebut. Setelah mengambil beberapa gambar dari arah Utara stasiun saya mencoba pindah spot ke sebelah Selatan stasiun. Mungkin karena lagi hoki sayapun mendapatkan moment saat lokomotif rangkaian kereta api tersebut dilangsir pindah ke arah Selatan. Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah, rangkaian kereta api tersebut dipindah ke jalur 5 yang merupakan aur baru untuk menuju ke Stasiun Tulangan. Dan benar saja, setelah bebrapa menit menunggu rangkaian tersebut kembali diberangkatkan melalui jalur tersebut dna be,ok ke arah kanan (Barat). Tanda kalau kereta api tersebut akan melintas melalui Stasiun Tulangan.

 Rangkain telah tersambung

 Telah siap di jalur 5

 Lapu menyala siap dibarangkatkan

 Berangkat dari peron 5

Kereta diberangkatkan menuju Sta Tarik via Tulangan

     Bravo,,, moment yang dinanti-nantikan akhirnya datang juga, setelah bebrapa hari sebelumnya saya merasakan akan ada tanda-tanda adanya kereta api yang melintas di Stasiun Tulangan. Dan tanpa pikir panjang lagi, saya kembali ke motor dan memacunya mengejar rangkaian tersebut. Lagi-lagi, alhamdulillah, waktunya tepat, kereta berhenti sejenak beberapa meter sebelum memasuki stasiun Tulangan. Segera saja saya menyiapkan kamera dan jeprat jepret. (akan saya posting pada postingan selanjutnya)

 Menuju percabangan

 Sudah berpindah jalur

 Siap melangsir rangkaian yang tertahan

 Melintasi rumah sinyal

 Melewati jembatan menuju stasiun

Siap dsambungkan dengan rangkaian

     Dan semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat dalam memberikan tambahan informasi bagi sobat semua khususnya informasi yang terkait dengan dunia perkereta apian. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat semua ke Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta APi Indonesia....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...