orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Lokomotif Kereta Model Tidak Berjalan Stabil?

      Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Semoga pada pagi hari ini sobat semua senantiasa dalam keadaan sehat dan bersemangat dalam mengarungi berbagai macam aktifitas dan kesibukan yang ada di hari ini. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tips yang bisa sobat coba saat mendapati lokomotit kereta api model sobat mengalami gangguan terutama selalu tersendat-sendat saat berjalan menarik rangkaian gerbong. Tersendat-sendatnya laju lokomotif biasanya terjadi akibat aliran listrik yang dierima kurang baik oleh penghantar yang terdapat pada roda lokomotif. Jika sobat menemukan kendala tersebut mungkin sobat dpat melakukan beberapa cara tersebut. 


        Pertama, coba sobat periksa sambungan joiner yang terdapat pada setiap sambungan antara rel. Kemungkinan besar terdapat beberapa joiner yang kendur dan menghantarkan listrik yang kurang baik sehinggaaliran listrik je roda loko menjadi tidak stabil. Jika langkah kedua sidah sobat lakukan dan kondisi laju lokomotif tidak kembali membaik, cobalah langkah berikutnya. Ambillah sebuah kapas dan basahi dengan alkohol lalu usapkan ke seluruh permukaan rel. Karena kemungkinan besar adalah, lapisan rel tertutup oleh debu-debu tipis yang menjadikan hantra listrik kembali tidak stabil. Setelah membersihkan permkaan rel, coba sobat kembali jalankan lokomotif tersebut dan jika masih juga tersendat-sendat maka ini adalah langkah terakhir.

       Langkah terakhir ini merupakan langkahyang paling terakhir harus dilakukan, yaitu lokomotif sobat memang sedang dalam kondisi kurang baik untuk berjalan. Solusinya adalah haru dilakukan PA dengan memasukkanya ke balai yasa. Biasanya gangguan kelistrikan terjadi di dua tempat yang pertama penghantar kabel yang solderannya terlepas atau kurang rapat, ataupun akbiat mesin dinamo yang mengalami gangguan. 


      Nah sobat semua, semoga beberapa tips sederhana ini dapat membantu sobat semua dalam mendapatkan informasi terkait dengan masalah yang terdapat pada lokomotif kereta api model. Semoga dapat bermanfaat ya sobat, dan jangan lupa untuk terus mengikuti perjalanan saya hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...