Selamat pagi sobat semua dan
Salam Spoor...!!! Pengemudi kapal laut dinamakan Nakhoda, Pengemudi pesawat
terbang dinamakan Pilot, dan Pengemudi kereta api dinamakan? Masinis dong. Hehehe...
Nah sobat semua bagi sebagian besar sahabat railfans cita-cita terbesarnya
adalah dapat menjadi seorang masinis. Tapi tahukah sobat semua kalau menjadi
seorang masinis itu tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan. Bahkan dari
cerita pengalaman teman saya saja, dirinya harus mengikuti tes menjadi masinis
selama tiga kali, dua diantaranya tidak lolos. Barulah yang ketida dapat
diterima menjadi calon masinis. Nah dalam tulisan ini akan saya berikan
beberapa alasan mengapa menjadi masinis itu tidak mudah sobat.
Tanggung Jawab Besar
Sama seperti jenis pekerjaan
lainnya, yang mana setiap pekerjaan pasti memiliki resiko dan tanggung jawab
yang besar begitupun bagi seorang masinis. Hampir sama seperti pilot dan
nakhoda seorang masinis juga memiliki tanggung jawab yang besar. Alasannya sederhana,
pertama seorang masinis merupakan petugas lapangan yang bertanggung jawab
membawa aset perusahaan berupa lokomotif dan rangkaian kereta api. Coba
bayangkan sobat, harga satu lokomotif yang seri CC206 saja seperti yang saya
ketahui dari media berharga kisaran 20 miliar rupiah. Belum lagi seorang
masinis harus membawa beberapa rangkaian gerbong, tinggal di total saja sudah
membawa berapa miliar rupiah dalam sekali jalannya. Dalam membawa aset yang
begitu besar tentu tanggung jawab seorang masinis tidak dapat dianggap enteng.
Karena dirinya menjadi garda terdepan perusahaan.
Selain itu alasan kedua adalah selain membawa aset yang berharga miliaran rupiah seorang masinis juga bertanggung jawab membawa ratusan nyawa penumpang yang ada di gerbong kereta api. Jika satu gerbong kereta api bisnis sebagai contoh berisikan 64 penumpang dan satu rangkaian kereta api membawa 10 gerbong kelas bisnis berarti seorang masinis membawa sebanyak 640 penumpang belum lagi ditambah dengan jumlah awak kabin kereta api. Ya mungkin berkisar sektiar 650 nyawa yang ada di belakangnya. Untuk point pertama ini sudah bisa sobat lihatkan betapa beratnya tanggung jawab yang dipikul oleh seorang masinis.
Daya Tahan Fisik
Untuk memikul tanggung jawab
tersebut, maka point kedua yang menjadi alasan menjadi masinis itu tidak mudah
adalah karena untuk menjadi seorang masinis yang handal juga dibutuhkan daya
tahan fisik yang kuat. Daya tahan fisik ini erat hubungannya dengan daya
konsentrasi yang dimiliki masinis nantinya. Daya tahan ini juga terkait dengan
bagaimana tanggung jawab masinis yang harus siap sedia dalam melaksanakan
tugasnya. Bayangkan saja sobat, tidak perduli dalam keadaan hujan lebat, panas
terik, ataupun terjadi banjir dan longsor seorang masinsi dituntut harus tetap
berdedikasi pada tugasnya untuk menjalankan kereta api mengantarkan ratusan
penumpang menuju tempat tujuannya.
Daya Tahan Konsentrasi
Untuk point ketiga ini saya
menyebutnya dengan daya tahan berikutnya yaitu daya tahan konsentrasi. Jika sudah
memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka daya tahan selanjutnya adalah daya
tahan konsentrasi. Konsentrasi dibutuhkan oleh seorang masinsi dalam
mengoprasikan lokomotif saat berjalan. Baik dalam membaca sinyal didepan,
memberikan semboyan, bahakan untuk mengatur kecepatan laju kereta api saat
berjalan. Jika masinis meleng sedikit saja, maka bisa terjadi kecelakaan pada
kereta api. Misalkan jika masinsi tidak berkonsentrasi, dan salah membaca
sinyal, ataupun masinsi mengantuk saat menjalankan kereta api. Hal tersebut
tentu sangat berakibat fatal dalam keamanan kereta api dan penumpang yang ada
di dalamnya.
Pengetahuan Akan Mesin
Selanjutnya hal yang membuat
posisi tidak semua orang dapat duduk di posisi ini adalah karena seorang
masinis juga harus memiliki pengetahuan tentang mesin. Kemampuan ini erat kaitannya
dengan posisi masinis dan tugasny ayang selalu berkaitan dengan mesin
lokomotif. Meskipun ada seorang tekhnisi yang mendampingi, namun kemampuan
personal dari seorang masinis juga merupakan hal yang penting dan harus
dimiliki oleh seorang masinis. Maka dari itu, setiap akan diterjunkan
dilapangan membawa lokomotif yang sesungguhnya, seorang masinis biasnaya
dibekali dengan beberpa pengetahuan dasar mengenai seluk beluk lokomotif yang
akan dibawanya kelak.
Masinis Adalah Orang Pilihan
Nah sobat semua, dari berbagai
macam alsan yang ada di atas tersebut, adal lagi nih alasan terakhirnya yang
lebih tepatnya saya katakan bahwa tidak semua orang dapat menjadi masinis. Oleh
karena itu, maka masinis adalah orang-orang pilihan. Karena untuk menjadi
seorang masinis, seseorang harus melakukan beberapa rangkaian tes dan seleksi
masuk menjadi masinis. Untuk seitap rangkaian tersnya, maka akan ada saja yang
tereleminasi. Hanya mereka yang terpilih sajalah yang dapat lolos hingga tahap
akhir seleksi dan mendapatkan predikat lolos uji sebagai seorang masinis.
Nah sobat, semoga sedikit tulisan
sederhana ini dapat memberkan sedikit informasi tambahan bagi sobat semua. Atas
kekurangan yang terdapat pada tulisan diatas saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Saya harapkan kepada sobat untuk terus mengunjungi Dipo Lokomotif Mojosari,
karena saya akan mengajak sobat semua untuk tersu menikmati perjalanan dan
menikmati keindahan dari rangkaian kereta api. Tidak lupa saya ucapkan
terimakasih yang sebesar-besarny atas kunjungan sobat di Dipo Lokomotif Mojosari.
Tetap bersemangat dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusaaammiinn,, semoga cita-cita mas gumilang bisa terwujud,, aammiinn ya rabb...
Hapusjujur ane kepengen banget jadi masinis ataupun asistennya,,karena jadi masinis itu sesuatu bgt #eeaaa :v semoga cita2nya terkabul..aamiin..
BalasHapusaammiinnn,,,,
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbtw adminnya masinis???kalo emg iya masinis mana??daerah atau jabodetabek..
BalasHapusbukan mas, adminnya cuma penghobi kereta api saja mas.. hehehe
Hapusoalah.. :D
BalasHapuskapan2 sini hunting bareng di st jatinegara (DAOP1) :D
Ka ada gak skrang lowongan untuk masinis sya lulusa MAN jurusan ipa.
BalasHapusTrimakasih ka di tunggu jwbannya
Ka ada gak skrang lowongan untuk masinis sya lulusa MAN jurusan ipa.
BalasHapusTrimakasih ka di tunggu jwbannya
Ka ada gak skrang lowongan untuk masinis sya lulusa MAN jurusan ipa.
BalasHapusTrimakasih ka di tunggu jwbannya
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusKa ada gak skrang lowongan untuk masinis sya lulusa MAN jurusan ipa.
BalasHapusTrimakasih ka di tunggu jwbannya
gua dari kecil ingin jadi masinis karena aku ingin menjadi sopir kereta untuk mengatarkan orang orang sampai ke tempa t tujuan
BalasHapusAdmin minimal nilai kalo jadi masinis SMA berapa ?
BalasHapusYa alllah semoga cita citaku menjadi masinis terwujud amiiiin ya allah
BalasHapusYa allah semoga cita citaku menjadi masinis terwujud amiiiiin ya allah
BalasHapusy allah raihkanlah cita citaku ya allah berikanlah hamba kemudahan saat di uji ya allah kabkanlah doaku ya allah
BalasHapusYa alllah smoga di mudahkan cita2 ku .... amiiinn :-)
BalasHapusYa alllah smoga di mudahkan cita2 ku .... amiiinn :-)
BalasHapus