orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Keadaan Stasiun Non Aktif Kedundang di tahun 2015

        Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Semoga pada pagi hari yang berbahagia ini sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan juga bersemangat untuk menjalani berbagai macam aktifitas dan kesibukan yang ada di hari ini. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk jalan-jalan mengunjungi Stasiun Kedundang. Stasiun kereta api ini sendiri sebenarnya merupakan stasiun kereta api dengna status non aktif. Berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo Yogyakarta, stasiun ini menjadi stasiun yang berada di sebelah paling Barat dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Status non aktif dari stasiun in diberikana pada tahun 2007 saat jalur ganda Yogyakarta-Kutoarjo diaktifkan. 


          Sama seperti dengan Stasiun Montelan, stasiun Kedundang sebelumnya juga merupakan stasiun yang digunakan sebagai stasiun silangan antar kereta api yang melintas. Karena pengaktifan jalur ganda tadi maka secara otomatis sidah tidak akan pernah terjadi keadaans saling tunggu untuk saling bersilangan kereta api. Saat ini, kondisinya sangat memprihatinkan, di sektiar bangunan stasiun sudah ditumbuhi oleh rerumputan dan semak-semak yang tinggi. Selain itu, atap bangunan sudah terlihat berlubang di beberapa tempat akibat lemparan batu. Selain itu, pada dinding-dinding stasiun juga terlihat beberapa coretan gambar ataupun tulisan.
Untuk akses menuju stasiun ini cukup sulit, karena memang sudah tidak lagi terlihat jalan akses masuk menuju bangunan stasiun ini dari jalan utama.

 
        Saat mengunjungi stasiun ini pertama kalinya, bahkan saya harus blusukan masuk ke jalan desa dan tembus di bangunan paling belakang rumah dinas. Jalan akses termudah untuk menuju stasiun ini harus melalui jalan depan bangunan stasiun dan masuk melalui jalan depan stasiun. Oh iya sobat sebelum saya lupa untuk yang satu ini, selain bangunan utama stasiun, di sekitar stasiun juga masih terlihat bangunan yang sebelumnya digunakan sebagai rumah dinas dan juga rumah genset yang masih berdiri kokoh tidak terawat.


           Untuk spot foto sendiri, lokasi stasiun ini menawarkan spot dengan track lurus dibagian Timur dan spot track menikung di sebelah Baratnya. Paling cocok untuk mengambil gambar rangkaian kereta api yang datang dari arah Barat. Kalau akses dari jalan utama Yogyakarta-Kutoarjo sendiri untuk menuju lokasi stasiun ini sobat harus masuk ke arah Utara sekitar 4 kilometer. Stasiun ini memang ssah-susah gampang untuk dituju. Jadi sebaiknya sobat memanfaatkan tekhnologi GPS yang ada untuk menuju stasiun ini.























       Oke sobat, mungkin hanya sedikit informasi ini yang dapat saya informasikan kepada soat semua, semoga dengan adanya tulisan sederhana ini dapat memberikan informasi serta kabar tambahan bagi sobat dan saya sendiri. Saya harapkan kepada sobat semua untuk selalu mengikuti perjalanan saya menjelajahi jalur kereta api, bangunan stasiun, dan juga keindahan kereta api itu sendiri hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...