orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Uji Coba Prambanan Ekspress Sebelum Turun Dinas di Lapangan

         Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk jalan-jalan menyaksikkan uji coba Prambanan Ekspress di depan Balai Yasa Pengok Yogyakarta. Pada sore hari itu, sebenarnya saya ingin pergi ke daerah Timoho yang berada di dekat Balai Yasa. Tanpa disengaja saya melihat rangkaian KA Prambanan Ekspress yang berwarna kunig berada di depan Balai Yasa. Sebatas dari yang saya ketahui, jalur yang terdapat di bagian depan Balai Yasa Pengok (berada di sebelah Utara) merupakan jalur yang memang biasa digunakan oleh rangkaian KRD ataupun lokomotif untuk melakukan uji coba kelayakan mesin sebelum akhirnya uji beban (dengan menarik rangkaian KA menuju arah Solo PP) dan kemudian yang terakhir adalah perucatan (cat ulang). 

 Tampak rangkaian Prameks sedang di uji coba

         Beberapa minggu sebelumnya saat saya akan pergi ke Stasiun Purwosari (untuk naik Kalijaga ke Semarang) saya berangkat dari Yogyakarta dengan menggunakan Prameks Malam. Kebetulan ada salah seorang pegawai BY Pengok duduk tepat di depan saya. Sayapun bertanya perihal dengan status KA Prameks yang rangkaiannya berwarna kuning, karena seperti yang kita ketahui bahwa beberapa bulan ini yang melayani rute Prameks (Solo-Yogyakarta-Kutoarjo) menggunakan rangkaian KRD Sriwedari yaitu rangkaian yang didominasi dengan warna merah. Sedagkan rangkaian asli Prameks yang berwarna kuning terlihat tergeletak terparkir di Balai Yasa Pengok untuk mengantir menjalani perawatan.


 Melakukan uji coba maju dan mundur

       Awalnya saya mengira bahwa rangkaian lama yang berwarna kuning tersebut akan diupgrade dengan menggunakan pendingin udara seperti rangkaian Sri Wedari (menginggat harga tiketnya akan naik). Ternyata pegawai BY tersebut menerangkan bahwa rangkaian Prameks yang berwarna kuning tersebut hanya menjalani perawatan rutin saja. Yaitu perawatan yang berkenaan dengan perawatan mesin tanpa mengubah bentuk ekterior, interior dan warna kereta. Benar saja sore hari itu, rangkaian kereta api tersebut sudah berada di jalur rel yang berada di depan Balai Yasa Pengok untuk manjalani sesi uji coba mesin.


melintas di jalur depan Balai yasa
       Suasana sore tersebutpun saya abadikan dalam beberapa gambar berikut, sebelumnya saya mohon maaf ya sobat, karena saya hanya menggunakan kamera hp saya. Rangkaian KA sendiri melakukan uji coba mesin dengan berjalan bolak balik dari Barat ke Timur beberapa kali. Sampai tulisan ini saya publikasikan rangkaian berwarna kuning inipun sudah kembali berdinas melayani peumpang dari stasiun-stasiun di Daop 6. Namun sayangnya saya melihat adanya kekurangan, karena saat saya menjemput teman saya Naufal dari Lempuyangan, terlihat bahwa salah satu pintu kereta tidak tertutup dengan sempurna alias TERBUKA.















       Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat semua dan nantikan postingan-postingan selanjutnya hanya di Dipo Lokomotif Mojosari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...