orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Di Stasiun Rewulu Pada Tahun 2015

KLB Uji Coba Dinamis Lokomotif CC206 2015
Selamat dan semangat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Jika pada postingan sebelumnya saya mengajak sobat semua untuk menikmati rangkaian KA Penataran di spot rooler coaster yang ada di Kota Malang, maka pada postingan kali ini saya akan kembali mengajak sobat semua untuk flash back kembali ke tahun 2005. Dimana pada tahun 2015, merupakan tahun kedatangan dari pada lokomotif CC206 angkatan ke-2 yang dipesan oleh PT KAI dari pabrikan General Electric di Amerika Serikat. Lokomotif-lokomotif baru tersebut, dikirim dari Amerika ke Indonesia dengan menggunakan kapal laut. Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, lokomotif-lokomotif tersebut, kemudian diturunkan ke atas kapal, dan diangkut ke atas truck tronton panjang, untuk kemudian dibawa menuju Balai Yasa Pengok yang ada di Yogyakarta, untuk kemudian dipasangkan dengan bogie yang dibuat oleh INKA dan juga PT Barata Steel. Truk-truk tersebut kemudian, melakukan perjalanan panjang dari Jakarta menuju Yogyakarta, dimana sekitar empat sampai dengan lima truck berjalan beriringan membawa lokomotif tanpa bogie tersebut.



Rangkaian KLB memasuki Stasiun Rewulu
Sesampainya di Balai Yasa Pengok Yogyakarta, kemudian lokomotif-lokomotif tersebut di bawah ke dalam sebuah dek penurunan, untuk kemudian dilanjutkan dengan sesi pemasangan bogie dan pengisian bahan bakar serta olie. Setelah proses tersebut selesai, maka prosesi selanjutnya adalah uji dinamis ringan, seperti tortle dan sistem pengereman ringan, yang dilakukan di track yang berada di komplek Balai Yasa Yogyakarta. Proses tersebut dilakukan untuk mengetahui, apakah sistem pengereman dan sistem tortle sudah terpasang dengan benar, dan berfungsi dengan baik. Setelah proses tersebut selesai, maka proses selanjutnya adalah dilakukan uji dinamis rangkaian. Dimana sekitar tiga buah lokomotif akan dibawa keluar dari Balai Yasa, menuju spot trek yang sudah disiapkan. Sebelum menuju spot trek tersebut, lokomotif akan disambung dengan beberapa kereta kosongan, yang bertujuan untuk kembali menguji sistem pengereman, dan juga daya tahan beban.

KLB Uji Coba Dinamis Lokomotif CC206
Selanjutnya adalah, lokomotif dibawa menuju spot trek tempat uji coba dinamis dilakukan. Dimana dua lokomotif terpasang dengan rangkaian kereta, dan satu lokomotif akan berjalan sruntulan atau sendirian menuju trek. Saya pribadi kurang mengetahui alasan mengapa tidak langsung disambung tiga buah lokomotif sekaligus, mengapa harus 2+1, baru kemudian disambung di lokasi tempat uji coba. Untuk trek uji coba sendiri berada di petak antara Stasiun Wojo dengan Stasiun Jenar. Dalam postingan ini saya cukup beruntung, dimana meski saya tidak memiliki informasi detal terkait dengan uji coba yang dilakukan, tapi saya bertemu dengan rangkaian yang akan dibawa untuk melakukan uji coba tersebut. Berikut beberapa foto yang berhasil saya abadikan. Pada foto ini, saya bertemu dengan rangkaian KLB uji coba tersebut di Stasiun Rewulu, yang mana rangkaian sedang berjalan menuju arah Wojo.
KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 1)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 2)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 3)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 4)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 5)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 6)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 7)

KLB Uji Coba Dinamis CC206 Batch 2 Tahun 2015 (gambar 8)
Nah sobat, itu dia beberapa gambar yang berhasil saya abadikan, jangan lupa untuk terus mengikuti perjalanan saya di Dipo Lokomotif Mojosari, karena masih akan ada banyak momen dan spot indah lainnya untuk menikmati rangkaian kereta api yang ada di Indodonesia. Sampai jumpa pada postingan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...