|
KA Parcel Selatan
|
Kereta api Over Night Service
(ONS) atau yang lebih di kenal dengan kereta api parcel merupakan sebuah
rangkaian KA yang terdiri dari kereta barang. Layanan kereta parcel untuk
pertama kalinya diperkenalkan pada musim lebaran tanggal 3 Oktober tahun 2007.
Meskipun demikian, data ini saya rasa perlu dikaji ulang, dikarenakan pada
tahun 1999, ketika kakek saya meninggal, saya pernah pergi dari Jatinegara
menuju Surabaya Pasarturi dengan kereta parcel. Namun bukan kereta parcel yang
dikenal kebanyakan Railfans saat ini, pada masa itu, terdapat sektiar 3 sampai
4 kereta penumpang kelas ekonomi yang disambung dengan rangkaian kereta parcel.
Dua tahun kemudian, di tahun 2009, juga dijalankan kereta api parcel dengan
sistem yang dikenal dengan Sistem Kereta Api Blok (SKAB) dengan rute dari
Jakarta Gudang menuju Surabaya Pasar Turi via Semarang. Perjalanan pada tahun 2009 ini, KA Parcel menggunakan rangkaian kereta baru, yang terdiri dari 10 kereta barang. Dimana kereta barang ini memiliki spesidikasi yang setara dengan kereta kelas eksekutif, dimana puncak kecepatannya mampu melaju pada kecepatan 90-100 km/ jam. Selain itu daya angkut bertambah dari yang sebelumnya hanya 100 ton dalam sekali jalan, menjadi 200 ton dan waktu tempuh yang lebih singkat dari yang sebelumnya 20 jam, menjadi 14 jam. Selain itu, dalam hal layanan, kereta parcel ini memiliki waktu tunggu 10 jam dari datang sampai dengan diberangkatkan kembali. Meskipun demikian, rangkaian KA parcel ini belum berjalan secara reguler, dan berjalan dengan meneysuaikan ketersedian sarana.
|
KA Parcel lintas tengah
|
Pada tanggal 28 Oktober tahun
2016, anak perusahaan KAI yaitu KA Logistik, kembali menjalankan perjalanan KA
Parcel lintas Selatan, dengan rute dari Kampungbandang menuju Surabaya Pasar
Turi via Purwokerto, Yogyakarta, Mojokerto, Surabaya Gubeng. Rangkaian KA
Parcel lintas Selatan sendiri berjalan dengan membawa 9 kereta barang berwarna
hijau. Hal tersebut menjadikan, tidak ada lagi kereta barang yang tertempel
pada rangkaian KA penumpang reguler. Meskipun demikian, KA barang ini masih
berstatus sebagai KLB karena tidak berjalan setiap hari. Namun demikian, pada
tanggal 1 Desember 2019 silam, ketika diperkenalkanya Grafik Perjalanan KA yang
baru, KA Parcel lintas Selatan tidak lagi berstatus sebagai KLB dan sudah
memiliki jadwal reguler. Pada awal musim pandemi Virus Corona, dimana semua
perjalanan KA reguler berhenti melayani perjalanan penumpang, di tanggal 11
Maret 2020 diluncurkan layanan kereta parcel lintas tengah dengan rute Jakarta
Gudang menuju Malang. Rangkaian kereta ini mengcover kereta parcel yang
sebelumnya berjalan bersama dengan kereta penumpang, sehingga ketika kereta
penumpang berhenti berjalan, maka dijalankan kereta dengan rangkaian full
kereta parcel.
|
KA Parcel lintas tengah
|
Beberapa perusahaan jasa
pengiriman yang juga bekerjasama dengan kereta parcel atnara lain seperti Tiki,
JNE, Lion Parcel. Dengan dijalankannya kereta parcel, diharapkan mampu untuk
mengurangi beban angkutan jalan raya yang semakin penuh. Serta menyediakan
layanan pengiriman barang dengan harga yang lebih murah. Dalam perkembangnya,
pada tanggal 5 Maret 2020 lalu, PT KAI memperkenalkan sebuah layanan pengiriman
barang menggunakan kereta api dengan nama Rail Express. Dimana layanan Rail Expres
tersebut, layanan pengiriman barang melalui kereta parcel/ bagasi dan juga
rangkaian KA Barang Hantaran dan Parcel (BHP). Sampai saat ini, terdapat dua kenis kereta angkutan, pertama adalah KA Parcel, yaitu angkutan kereta muatan cargo yang berjalan dengan menggunakan satu set rangkaian kereta dengan kapasitas sekali jalan sebesar 360 ton, sedangkan relasinya sendiri dari Jakarta menuju Surabaya dengan waktu tempuh 13 jam. Kedua adalah KA BHP (barang hantaran dan parcel), yang mana kereta ini merupakan kereta angkutan dengan muatan cargo 20 ton perkereta bagasi. Dimana kereta bagasi tersebut berjalan dengan menempel pada rangkaian kereta penumpang baik eksekutif, ekonomi maupun kelas campuran. Kereta jenis ini (KA BHP) memiliki keunggulan dalam hal penyesuaian waktu pemberhentian dan perjalan dengan angkutan kereta penumpang dan mampu melayani pengiriman paket sampai dengan stasiun-stasiun di seluruh pulau Jawa. Layanan kereta parcel sendiri,
melalui semua stasiun yang berada di sepanjang jaringan jalur rel kereta api
dari ujung Barat pulau Jawa sampai dengan ujung Timur pulau Jawa. Dengan kata
lain, layanan Rail Express dapat dinikmati dari Daop 1 sampai dengan Daop 9,
sebanyak 59 stasiun yang tersebar di pulau Jawa.
|
KA Parcel lintas Selatan
|
Adapun barang yang diperbolehkan
untuk dilayani menggunakan jasa Rail Express antara lain seperti kendaraan
motor, dokumen, hewan ternak/ konsumsi, serta produk UMKM dan lain sebagainya
yang tidak membahayakan pengiriman atau membutuhkan perlakuan khusus seperti
gas dan minyak yang mudah terbakar. Adapun tarif terendah dari layanan Rail
Express sebesar 500 rupiah. Adapun beberapa rangkaian KA penumpang yang
berjalan dengan ditempel kereta parcel antara lain KA Argo Bromo Anggrek,
Bangunkarta, Gajayana, Matarmaja, Malabar,Majapahit, Harina, Mutiara Timur, dan
Tawangalun. Bahkan beberapa waktu lalu juga berhembus kabar, jika okupansi
kereta parcel menuju Malang memiliki okupansi panuh, besar kemungkinan KA
Parcel tengah akan berjalan sebagai KA reguler. Karena jika dihitung, terdapat
4 kereta penumpang dari Jakarta menuju Malang yang sebelumnya ditempeli kereta
parcel namun harus berhenti beroperasi karena pandemi. Untuk kapasitas angkut
dari kereta parcel sendiri, mampu menampung sampai dengan 20 ton per kereta
bagasi. Dimana kereta parcel memiliki spesifikasi yang sama dengan kereta
penumpang dengan bodi yang lebih diperkuat, untuk mampu menahan beban bawaan.
|
KA Parcel lintas Tengah
|
Adapun pembagian dari ketiga
perjalanan KA Parcel yang ada di Pulau Jawa adalah sebagai berikut, Pertama,
Parcel Utara dengan rute: Jakarta Gudang-Cikampek-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang
Tawang-Cepu-Bojonegoro-Babat-Surabaya Pasarturi. Kedua adalah Parcel Tengah
dengan rute Jakarta Gudang-Cikampek-Cirebon
Prujakan-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Lempuyangan-Klaten-Purwosari-Sragen-Ngawi-Madiun-Nganjuk-Kertosono-Kediri-Tulungagung-Blitar-Wlingi-Kepanjen-Malang.
Ketiga adalah KA Parcel Selatan dengan rute
Bandung-Kiaracondong-Leles-Cipeundeuy-Tasikmalaya-Banjar-Sidareja-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Lempuyangan-Klaten-Purwosari-Sragen-Madiun-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya
Kota.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar