orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Sejarah Lengkap Beberapa Tipe Kelas Ekonomi New Generation!

Ekonomi New Image 2016
Oke sobat, mengapa saya menggunakan judul ekonomi new genertion, karena saya akan menceritakan bagaimana upaya dari PT KAI bersama dengan INKA untuk menghadirkan kereta kelas ekonomi yang lebih modern, dengan desain yang belum pernah ada sebelumnya dan menghadirkan era baru layanan kereta kelas ekonomi yang berbeda dari layanan kereta kelas ekonomi sebelumnya. Baik mulai dari desain interior maupun desain eksterior kereta. Hal tersebut merupakan upaya dari PT KAI untuk mengupgrade semua armada keretanya, terutama yang telah berumur lebih dari 30 tahun, dan sebagai perwujudan dari rencana PT KAI untuk menghapuskan layanan kereta kelas bisnis secara bertahap dan menggantikanya dengan layanan kereta kelas ekonomi “yang setara” dengan kelas bisnis. Sehingga, meskipun nama layanannya adalah ekonomi, namun dari segi harga saya rasa tidak ekonomis banget, karena memang layanan yang ditawarkan tergolong pada middle class. Berikut beberapa kisah dari perjalanan kereta ekonomi new generation yang dihadirkan oleh PT KAI.

Mengenal Ekonomi New Image (New Concept)

Pada 26 Agustus 2016, rangkaian dari ekonomi new image yang telah selesai, melakukan uji coba perjalanan dari Madiun menuju Solo. Dalam uji coba tersebut, dilakukan beberapa test, seperti beban, sistem kelistrikan, sistem pendingin ruangan, serta sistem pengereman, dan bogie. Total nilai konrak KAI dengan INKA dalam pengadaan kereta ekonomi new image sebesar Rp 364 miliar. Pada awalnya, kereta ekonomi new image ini terkenal dengan sebutan "ekonomi new concept", mungkin sebutan tersebut digunakan untuk menandakan perbedaan dengan kereta kelas ekonomi generasi sebelumnya, yang masih banyak memiliki corak ekonomi, terutama dalam segi desain interiornya, yaitu menggunakan ciri khas kereta kelas ekonomi berupa kursi tegak dan duduk saling berhadapan. Berbeda dengan kereta ekonomi pendahulunya, kereta ekonomi new image ini, memiliki desain eksterior dan interior yang berbeda. Meski sama-sama memiliki kapasitas penumpang (jumlah kursi) 80 orang, namun desain dari kursinya sudah berbeda. Dimana bentuk kursi sudah di desain seperti kursi pada bus patas, namun dengan sandaran yang belum dapat disesuaikan dengan punggung penumpang. 

Bagian eksterior ekonomomi new image

Selain itu, engapa dinamakan new image ataupun new concept, saya rasa dikarenakan, desain yang digunakan pada kereta ekonomi generasi terbaru ini, selain mendobrak tradisi pada desain lama, juga memberikan pandangan baru ataupun konsep baru untuk kereta ekonomi yang akan diproduksi selanjutnya (2017,2018,2019 yang dikenal dengan ekonomi premium). Selain itu perbedaan lainnya dari sisi interior adalah penempatan toilet dan desain toilet yang memiliki kesan lebih elegan baik dari corak pewarnaan, maupun penempatan aksesorisnya. Ruang kabin pun secara keseluruhan sama persis dengan kereta kelas eksekutif new image yang sama-sama lahir di tahun 2016,dimana terdapat running text pada kabin bagian tengah, serta di tiap sudut kabin. Dari desain kaca, yang lebih mudah untuk dibersihkan dan diganti jika pecah, serta dilengkapinya bagian kabin dengan wi-fi serta kamera closed-circuit television (CCTV), yang terpasang di setiap sudut. Perbedann signifikan hanya pada kursi dan jumlah penumpang, dimana kursi di susun dengan 40-40 desain 2-2 yang saling berhadapan, namun pertemuan hanya terdapat pada bagian tengah, di kursi sekitar nomor 11-12. Sehingga bagi yang apes, maka akan menikmati perjalanan dengan cara mundur, tidak searah dengan arah kereta berjalan. Dari sisi kaki-kaki kereta, atau yang sering kita sebut dengan bogie, kereta ekonomi ini juga tidak berbeda dengan kereta eksekutif angkatan 2016. Dimana menggunakan tibe bogie TB 1014 yang diklaim mampu meredam getaran lebih baik dari bogie generasi sebelumnya. 

New Image pada KA Sancaka

Pada bagian eksterior kereta, tampak sama persis dengan kereta eksekutif angkatan 2016, dimana sama-sama terdapat running text pada bagian tengah kereta yang digunakan untuk menunjukkan nama KA serta tujuan KA. Perbedaan hanya pada warna pintu kereta, dimana seiring bergantinya livery lama ke livery baru, seluruh livery kereta disamakan, baik ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Perbedaannya hanya pada warna pintu kereta, dimana orange untuk kereta ekonomi, abu-abu tua untuk kereta bisnis, dan biru untuk kereta eksekutif. Pada tanggal 28 September 2016, KA Mutiara yang semula menggunakan rangkaian kelas bisnis, diganti menggunakan rangkaian kerete ekonomi new image. Pada tanggal 16 Oktober 2016, dua rangkaian KA milik Daop 8 Surabaya, yaitu KA Sancaka (campuran eksekutif-bisnis) rangkaian tersebut resmi diganti menggunakan kereta ekonomi new image. Pada tanggal 18 Oktober tahun 2016, untuk pertama kalinya kereta ekonomi "new image" beroperasi menggantikan kereta bisnis yang ada pada rangkaian KA Cirebon Ekspres dan KA Tegal Bahari.

Meskipun demikian, project konsep dari kereta ekonomi new image ini tidak dilanjutkan, karena mengalami kendala pada jarak antar kursi yang terlalu rapat. Hal tersebut, baru disadari oleh KAI setelah mendapat banyak komplain, terutama dari penumpang KA yang menggunakan rangkaian tersebut, dengan durasi perjalanan lebih dari 4 jam. Dimana kaki sulit digerakkan dan kurang nyaman pada bagian sandaran. Salah satu dari rangkaian tersebut yang saya ketahui digunakan pada KA Mutiara Selatan. Oleh karena itu, per tanggal 3 Maret 2017, kereta Mutiara Selatan kembali menggunakan rangkaian lamanya berupa kelas campuran antara bisnis dan eksekutif. Sedangkan rangkaian ekonomi new image banyak digunakan untuk kereta dengan jarak tempuh menengah seperti Sancaka. (bersambung ke tulisan selanjutnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...