orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Kondisi Jembatan Sungai Brantas di Mojokerto

        Selamat pagi sahabat spoor, Salam Spoor...!!! Semoga pada hari ini sobat semua masih dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat dalam menjalankan aktifitas dan kegiatan di hari ini. Hingga tulisan ini ditulis saya masih belum memindahkan semua file yang ada di memori hp saya untuk saya informasikan kepada sobat semua. Pada postingan kali ini saya mengajak sobat semua untuk melihat kondsi jembatan kereta api yang melintasi sungai Brantas sekaligus sebagai jembatan yang menghubungkan kabupaten Mojokerto dengan kabupaten Sidoarjo. Pagi hari kemarin saya berkesempatan untuk kedua kalinya untuk mengunjungi lokasi jembatan ini. Yang mana saya sendiri sudah sering melewati jembatan ini namun baru dua kali saya secara langsung melihat-lihat mengambil foto di jembatan ini.

Jembatan Sungai Brantas

      Yang pertama adalah saat awal tahun 2013 lalu, sat saya pulang setelah ujian SIM di Polres Mojokerto. Pada kunjungan saya kali ini sebenarnya adalah untuk hunting foto kereta api. Karena saya melihat spot yang ada di lokasi ini sangat bagus dan menantang. Terdapat satu tikungan dan juga sebuah jembatan kurung yang saya pikir akan snagat menarik jika saya dapat mengabadikan momen kereta api saat melintas di dan akan melintasi jembatan ini.Namun yang ingin saya kabarkan pada tulisan ini adalah kondisi jembatan yang sedikit memprihatinkan.

Pagi hari yang cerah

    Saat naik keatas tanah sebelum memasuki jembatan tanpa disengaja saya memperhatikan bantalan-bantalan rel. Dan betapa terkejutnya saya, karena terdapat beberapa baut mur yang berfungsi sebagai pengunci batang rel di bantalan rel kereta tersebut ada beberapa yang hilang. Tidak hanya ada yang hilang, namun beberapa ada yang sudah terangkat dari tempatnya dan ada juga yang bengkok. Saya sendiri merasa heran, kenapa hal ini bisa terjadi. Padahal seharusnya bagian penilik rel kereta api mengetahui kondisi rel yang sudah seperti ini. Entah dengan alasan masih adanya kelayakan jalan atau apa yang menyebabkan kondisi rel masih dapat bertahan dengan keadaannya seperti saat foto ini diambil. 


Jembatan tampak tengah

        Perlu saya konfirmasi sebelumnya, foto ini saya ambil kemarin pagi-sore tepat pada hari Minggu tanggal 20 Juli 2014. Pada batang besi jembatan sendiri terdapat tulisan yang menandakan bahwa jembatan tersebut selesai dibangun pada tahun 2013 lalu. Pada sore harinya saya kembali mengunjungi jembatan tersebut untuk mengambil gabar kereta Sarangan dan Sancaka sore. Saat itu terdapat seorang bapak-bapak yang sedang asyik menelpon dipinggir rel kereta api dan seorang lagi terdapat bapak-bapak dengan kaos putih dan merah yang sedang berkeliaran disekitar jembatan. Sesekali bapak-bapak berkaos putih tersebut memukul-mukul besi jembatan dan batangan rel. 

 Kondisi baut rel

 Batasan daratan dan sungai

 Baut yang hilang

 Hampir lepas dari bantalan

Sudah hilang

      Saya sendiri tidak mengerti apa yang diperbuat oleh bapak-bapak tersebut di jembatan tersebut. Namun bapak-bapak yang menelpon tadi memberitahukan kepada saya kalau orang tersebut sedang berusaha untuk mencabut baut mur penjepit bantalan rel kereta api. Saya sendiri tidak berani mengambil resiko menginggat saya adalah warga biasa dan bukan warga asli situ. Namun setelah saya teliti lebih jauh saya dapat mengambil kesimpulan kalau orang tersebut memiliki gangguan kejiwaan. Hal ini terlhat dari tingkahlaku dan prilakunya yang karena tidak berhasil mencabut baut rel kereta dia mengumpulkan batu ballast pada sebuah kantong kresek bening.

 Rel penjepit/ pengikat pada jembatan


 KA Sancaka yang akan melintas di jembatan

 Baut mulai terangkat dari bantalan

 Sudah hilang

 Ada yang ilang dan ada yang hampir lepas




Baut yang hilang

 Ini dia orang tersebut

Apa yang sedang dia lakukan


      Mungkin ada baiknya jika petugas yang terkait bisa turun untuk melihat langsung ke lapangan. Dan semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat dalam memberikan tambahan informasi bagi sobat semua khususnya informasi yang terkait dengan dunia perkereta apian. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih banyak atas kunjungan sobat semua ke Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta APi Indonesia....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...