orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Modifikasi Lokomotif Kereta Api Mainan Menjadi Double Traksi

Selamat pagi sobat semua, dan Salam Spoor...!!! Oke sobat, pada pagi hari ini mungkin saya akan kembali mengajak sobat semua untuk sedikit kembali ke beberapa tahun yang lalu saat saay masih aktif dalam berkreasi membuat dan mendesain bahan sederhana menjadi sebuah produk yang inovatif dan kreatif. Alhamdulillah pada saat liburan kuliah kemarin saya memiliki banyak sekali kesempatan untukd apat berkreasi denan mengutak atik kereta api mainan yang ada di Dipo Lokomotif Mojosari. Adapun beberapa bentuk kreasinya akan saya bagikan kepada sobat semua melalui postingan kali ini.

Pada postingan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk melihat bagaimana caa saya menjadikan sebuah lokomotif dari kereta api mainan merek Rail King dapat menjadi sebuah kereta api yang berjalan dengan double traksi atau yang biasa disingkat DT. Oke sobat yuk langsung saja kita melihat dan menyiapkan bahan serta alat-alat apa saja yang diperlukan.
Alat dan bahan:
- Dua buah lokomotif mainan.
- Kabel tambahan.
- Solder beserta timah dll.
- Obeng.









Langkah dan cara:
- Untuk langkah pertama buka semua bagian bawah lokomotif.
- Kemudian cari kabel penghubung dari saklar menuju dinamo dan putus salah satu kebel di salah satu bagian lokomotif.
- Kemudian gabungkan kabel yang diputus tersebut dengan kabel tambahan dan jangan lupa untuk membuat lubang kabel dibelakang lokomotif agar kedua lokomotif dapat saling terhubung.
- Lepas salah satu saklar pada bagian lokomotif yang kabelnya kita cabut tadi dan kemudian sambung dengan solder kebagian lokomotif satunya.
- Jika sudah selesai maka kedua lokomotif pun sudah dapat digunakan.

Kelebihan dari model lokomotif ini adalah lokomotif hanya membutuhkan satu saklar untuk menjalankan keduanya. Dan setiap ada kelebihan pasti ada kekurangan, adapun kekurangan dari rangkaian lokomotif seperti ini adalah gerak antar dnamo yang berbeda. hal ini lebih dikarenakan kedua dinamo lokomotif memiliki model dan bentuk kumparan yang berbeda sehinga meskipun menggunakan batrai yang sama namun laju gerak roda kedua lokomotif tersebut akan berbeda.

Oke sobatm, mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dan yang dapat saya sharing pada postingan kali ini. Dan jangan lupa untuk tetap mengikuti saya pada postingan-postingan selanjutnya. Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...