orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Jalan-Jalan ke Stasiun Pasar Senen Jakarta

         Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!! Pada postingan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk sejenak jalan-jalan menikmati suasan Stasiun Pasar Senen Jakarta di malam hari. Saya berada di stsiun in iadalah untuk kembali ke Yogyakarta setelah menjalani tes CPNS di daerah Senayan. Yang mana satu hari sebelumnya saya tiba diJakarta dengan menggunakan kereta api Fajar Utama Yogyakarta (untuk perjalanan tersebut belum sempat saya posting). Saya sendiri kembali ke Yogyakarta pada malam hari itu dengan menumpang rangkaian kereta api Senja Utama Solo. 


           Sebenarnya sudah hampir 15 tahun lamanya saya tidak lagi naik kereta api dari stasiun ini. Karena saya lebih sering naik kereta api dari Stasiun Gambir ataupun Jakarta Kota. Adapun saat tahun 90-an saya juga lebih sering naik kereta api dari Stasiun Jatinegara saat pulang kampung ke Mojokerto. Stasiun ini menyimpan banyak sekali kenangan bagi saya saat saya masih kecil. Terutama kenangan bersama bapak dan ibu saya Saat itu, saya memang masih sangat kecil untukd apat memahami apa itu kereta api. Namun suasana stasiun saat itu masih tergambarkan jelas dalam kenangan saya. Stasiun yang saat itu masih sangat jelek dan kumuh dimana masih terdapat banyak sekali kios dan juga pedagang kaki lima serta asongan yang berkeliling.

       Selain itu, jumlah penumpang yang tidak terkendali dimana banyak yang menunggu kereta api dengan mengelar tikar dan juga karpet kecil seperti orang kecil masih banyak saya jumpai. Kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan adalah saat bapak saya memasukkan saya kedalam gerbong kereta melalui kaca jendela kereta. Saat itu keadaan sangat kisruh, ramai, dan kacau. Apa lagi saat kereta api masuk di jalur dimana kereta tersebut akan diberangkatkan.


         Jangankan sesaat sebelum berangkat, saat rangkaian kereta api masih terparkir dan masih jauh dari jam pemberangkatanpun para penumpang sudah memenuhi gerbong tersebut untuk berebut tempat duduk. Namun suasana seperti itu sudah tidak lagi saya temukan pada malam hari dimana saya akan melakukan perjalanan ke Yogyakarta. Saya hampir tidak percaya, suasana stasiun yang lebih mirip dengan terminal itu, kini sudah berubah dan bertransformasi layaknya bandara internasional. Tidak lagi saya temukan pedagang asongan yang berkeliling stasiun ataupun kios-kios liar disekitar stasiun.

        Suasana bangunan tersebut sangat rapi dan bersih, dimana pada malam hari itu saya masih melihat beberapa petugas kebersihan yang menyapu dan berkeliling stasiun memungut sampah yang bertebaran. Tidak hanya itu, bahkan didalam stasiun pun terdapat ATM Center dan juga ada stand Dunkint serta Alfa Mart dan Seven Eleven.  Suasana malam itu benar-benar membawa saya jauh kembali bernostalgia dengan masa lalu. Tidak ada lagi pembelian tiket yang antri hingga memanjang. Bahkan isstem parkirpun sudah menggunakan sistem komputer.



























     Semoga ketertiban dan kenyamanan ini dapat berlangsung setesunya sehingga tidak lagi kita temukan masa-masa kelam seperti masa lalu kembali terulang di stasiun-stasiun kereta api. Jaya Selalu negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

1 komentar:

  1. Kereta Api telat 10 Jam Lebih!!!....
    https://www.youtube.com/watch?v=NhCMekVncYs

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...