orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Apa Yang Perlu Disiapkan Saat Hunting Kereta Api?

       Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!! Pada kesempatan kali ini saya masih akan mengupas mengenai seluk beluk perburuan kereta api atau yang biasa kita sebut sebagai hunting kereta api. Beberapa informasi yang akan saya tuliskan dalam artikel ini merupakan informasi yang saya dpatkan dari pengalaman pribadi saya selama melakukan hunting sepanjang tahun 2014. Hunting kereta api tidak seperti hunting foto-foto lainnya, karena jika hunting foto lainnya kita hanya membutuhkan lokasi yang tepat. Berbeda dengan hunting kereta api, setdaknya bagi teman-temna yang suka hunting kereta api patut bersyukur, karena tidak semua fotografer pernah melakukan hunting kereta api. Nah untuk itu, mungkin kita bisa langsung membahas satu persatu terkait apa saja sih yang harus kita siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan hunting kereta api. Untuk hal pertama yang harus kita persiapkan adalah:


Kamera
        Kamera merupakan hal dan benda yang vtal dalam melakukan hunting, bagaimana tidak, benda yang satu ini merupakan alat terpenting yang memang harus ada saat hunting. Namanya saja hunting foto, kalau tidak ada kamera lalu bagaimana cara kita mau mengambil gambar. Untuk kamera sendiri bisa menggunakan kamera apa saja, mau kamera hp, pocket, ataupun hingga kamera profesional itu tidak masalah selagi namanya masih kamera. Hehehe.

Batrai Kamera
      Setelah kameranya, hal terpenting  berikutnya adalah batrai kamera. Sehari sebelum melakukan hunting, pastikan batrai kamera sobat semua sudah terisi penuh ya. Karena hunting kereta api biasanya dilakukan seharian penuh dari pagi sampai matahari hampir terbenam. Kalau batrai kamera tidak penuh, maka dapat dipastikan daya tahan kamera tidak akan dapat bertahan lama. Meskipun sobat semua membawa chargernya, namun sobat harus mencari colokan listrik. Mungkin tidak menjadi masalah saat huntingnya di daerah perkotaan atau dekat dengan bangunan, tapi kalau huntingnya blusukan, mau colokin dimana? Hehehe....
Spot
         Setelah kamera dan batrai sudah siap untuk hunting, maka hal terpenting yang ketiga adalah spot atapun lokasi perburuan. Pastikan sehari sebelum hunting ataupun seminggu sebelumnya sobat sudah memiliki spot idaman yang akan sobat jadikan lokasi hunting. Sehingga pada hari H sobat tidak lagi bingung mencari spot untuk hunting.
Kendaraan
      Hal berikutnya yang terpenting adalah kondisi kendaraan, bagi sobat yang biasanya hunting menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, pastikan kondisi kendaraan sobat semua selalu dalam kondisi siap jalan atau pkondisi prima. Pastikan kondisi mesind an ban masih layak untuk melakukan perjalanan dan blusukan ke lokasi-lokasi yang sukit terjangkau.
Logistik
      Selanjutnya hal yang terpenting saat hunting adalah logistik. Logistik disini tidaklah lain adalah makanan dan minuman yang akan menemani sobat semua saat hunting. Karena akan sangat sulit sekali menemukan toko ataupun warung makanan saat sobat berada di spot yang jauh dari keramaian. Setidaknya sobat semua membawa air minum yang mencukupi selama waktu hunting kereta api.
Sarapan
     Hal ini terlihat sepele, tapi percaya atau tidak hal yang satu ini sangat penting sekali untuk sobat laksanakan. Banyak orang yang mengabaikan sarapan pagi, dan mereka akan berkurang daya konsentrasinya. Untuk itu, sarapan pagi terlebih dahulu sebelum melakukan hunting. Kalau saya sendiri biasanya mampir di warung bubur kemudian membungkusnya dan memakannya di lokasi perburuan kereta api.
Fisik
     Pastikan kondisi sobat semua dalam keadaan fit. Jangan memaksakan diri jika kondisi badan sobat kurang enak badan ataupun merasa tidak baik. Lebih baik sobat beristirahat seharian penuh sebelum melakuakn perburuan. Karena hunting dalam keadaan kurang fit sangat tidak saya anjurkan. Selain tubuh tidak nyaman, konsentrasi juga tidak dalam keadaan yang prima.
Sepatu
     Usahakan saat hunting kereta api sobat semua mengguankan sepatu bukan sandal (apa lagi sandal japit). Kondisi spot jalur kereta api yang cenerung masuk ke plosok rerumptan, semak belukar, lumpur tidak cocok dengan alas kaki seperti sandal. Selain dapat menjaga keamanan kaki kita, spatu jgua cukup fleksibel untuk melewati kondisi tanah dan wilayah seperti yan saya sebutkan diatas.
Uang Saku
    Hal terakhir yang menurut saya penting adalah uang saku. Uan gsaku berfungsi sebagai jaga-jaga jika ada hal yang tidak diinginkan teradi dan adanya hal yang tidak dapat diprediksi seperti ban bocor, atau keinginan untuk membeli sesuatu dijalan dan lain-lain.
    Mungkin hanya beberapa tips sederhana dari pengalaman pribadi saya saat huntig sepanjang tahun 2014 lalu yang dapat saya share kepada sobat semua, semoga bermanfaat dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...