orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Kenapa Harus Hunting Foto Kereta Api?

        Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Semoga pad apagi hari ini sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat untuk menjalani berbagai macam aktifitas yang ada di hari ini. Ada hal yang menarik pada penukisan artikel ini, dimana artikel ini saya tulis diatas kereta api Sancaka saat saya melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Mojokerto. Tema pada tulisan kali ini masih akan sama dengan tema tulisan sebelumnya, yaitu masih membahas mengenai seputar dunia fotografi yang berkenaan dengan kereta api sebagai obyeknya. Pada pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang menarik dan mengapa kita harus memotret kereta api?. Untuk itu, sepertinya alangkah lebih baik jika kita langsung masuk pada pembahasan dari rumusan masalah di atas (maaf ya sobat jika gaya penulsiannya seperti penulisan jurnal ilmiah, maklum masih terkena aura-aura penulisan tugas thesis kemarin hehehe...). Pembahasan ini mengenai kelebihan memotret foto kereta api dari pada obyek lainnya. 


Alasan pertama adalah Faktor Sejarah
        Seperti yang kita ketahui, kereta api merupakan moda transportasi umum yang jug amengandung nilai-nilai historis di dalamnya. Keberadaan kereta api di Indonesia, tidak lepas dari peran pemerintah Belanda saat itu, yang membangun jalur perlintasan kereta api sebagai transportasi darat untuk mengangkut hasil bumi dari perkebunan menuju pelabuhan. Seiring dengan berjalannya waktu, kereta api tidak saja digunakan sebagai angkutan barang namun juga sebagai angkutan manusia. Sama seperti dengan kendaraan lainnya, kereta api juga memiliki masa operasi dan perbedaan corak gerbong setiap generasi serta seri lokomotif yang beragam menjadikan nilai histori pad amoda transportasi yang satu  ini semakin kental. Seperti contoh adalah, perbedaan warna dan seri lokomotif disetiap pergantian nama perusahaan dari Djawatan Kereta Api (DKA), Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA), Kereta Api Indonesia (KaI) hingga pada masa PT KAI Persero. Setiap generasi memiliki cerita dan kisahnya masing-masing.

Faktor selanjutnya adalah Paduan Kereta Api dan Keindahan Alam
        Faktor yang kedua ini terkait langsung dengan lintasan jalur rel yang dilalui oleh moda transportasi yang satu ini. Tidak seperrti angkutan darat lainnya, kereta api memiliki jalur khusus yang hanya bisa dilalui oleh kereta api itu sendiri. Hal ini lah yang menyebabkan kereta api memiliki keunggulan dari  pada angkutan darat lainnya dalam segi waktu tempuh perjalanan. Namun yang akan saya bahas bukan mengenai efisiensi waktu tersebut melainkan, jalur kereta api yang sendiri tersebut, cenderung melewati area ataupun wilayah yang penuh dengan pesona alam, yang tidak dilalui oleh angkutan darat lainnya. Biasanya jalur-jalur tersebut jauh atau sulit dijangkau dengan angkutan darat seperti mobil, sepeda motor, ataupun bus. Seperti contoh perbukitan, persawahan, perkebunan, lembah, jurang, sungai, pegunungan, bebeapa lintasan tersebut memberikan kesan keindahan dan pesona tersendiri bagi transportasi yang satu ini untuk dapat diabadikan dalam sebuah gambar kamera.
Faktor ketiga adalah terkait dengan kereta api itu sendiri
        Salah satu hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi para fotografer kereta api adalah masalah jam dan jadwal perjalanan kereta api itu sendiri. Jika memotret obyek lain, kita tidak perlu membutuhkan waktu khusus dan jam khsusu. Namun saat memotret kereta api, kita butuh apa yang disebut dengan jadwal perjalan kereta api. Hal inilah yang menjadikan memotret kereta api berbeda dengan memotret obyek lainnya. Jika kita tertinggal satu rangkaian kereta apiu yang melintas, maka kita haru smerelawak waktu kita untuk menunggu rangkaian kereta api selanjutnya. Karena kereta api tidak melitnas setiap waktu seperti halnya moda transportasi lainnya. Belum lagi ditambah dengan kecepatan rangkaian kereta api saat melintas, hal tersebut juga menambah tantanngan mengenai potret kereta api.
Faktor selanjutnya adalah menambah pengalaman blusukan dan touring
     Tidak seperti hunting foto lainnya berburu rangkaian kereta api juga memerlukan skill lain dan menambah pengalaman lainnya. Beberapa faktoir tersebut dipengaruhi oleh faktir dimana jalur kereta api yang sering kali melintas di daerah-daerah pedalaman jauhd ari jangkauan jalan raya justru menyimpan keindahan spot yang sesungguhnya. Maka tidak heran jika terkadang teman-teman railfans sering kali menuliskan beberapa foto yang diunggahnya dengan tulisan “bajak, bogie melayang”, bajak “lindes kereta”, dll. Memang tidak mudah untuk berburu obyek foto yang satu ini, dibutuhkan kesabaran dan waktu ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
       Nah sobat semua, mungkin beberapa faktr tersebut yang baru dapat saya bagikan dan informasikan kepada sobat semua yang berdasarkan dari pengalaman saya pribadi selama berburu kereta api di tahun 2014 lalu. Semgoa sedikit catatan singkat dan sederhana ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa untuk tetap terus mengikuti perjalanan saya hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia, Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...