orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Informasi Seputar Pembangunan Jalur Kereta Api di Pulau Sulawesi



Beberapa pekan ini berbagai berita baik cetak dan online serta televisi dipenuhi dengan berita terkait pembangunan kereta api cepat yang menghubungkan Kota jakarta dengan Bandung yang rencana awalnya jalur kereta api cepat tersebut akan dibangun disamping jalur jalan tol. Namun jauh diluar pulau Jawa sana yaitu di Pulau Sulawesi juga akan dilakukan pembangunan jalur kereta api.  Ya sebentar lagi masyarakat yang tinggal di Pulau Sulawesi akan memiliki jaringan kereta api. Kemente rian perhubungan pusat telah menganggarkan dana sebesar 971 miliar rupiah untuk mempercepat realisasi pembangunan jalur rel di Sulawesi.
          Proyek pembangunan jalur KA Sulawesin ini direncanakan akan dikerjakan oleh perusahaan lokal yang mana nantinya memiliki nilai tersendiri karena merupakan hasil karya perusahaan tuan rumah sendiri. Jalur KA ini nantiny akan memiliki jarak tempuh sepanjang 145 Km dari Makasar hinga ke Paepare. Namun hingga saat ini, dari ratusan jarak tempuh tersebut, baru dapat dibebaskan sepanjang 30 Km. Meskipun belum dibayar namun pembebeasan lahan sepanajng 30 k, ini sudah disepakati oleh tim 9. Peletakan atu pertama dari proyek jalur KA di Sulawesi ini sendiri telah dilakukan pada tanggal 12 Agustus 2014 lalu di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.
          Rencana lain dari pembangunan proyek KA di Sulawesi adalah, bahwa kereta akan jauh lebih canggih dibandingkan dengan kereta api yang ada di Pulau Jawa. Jika di pulau Jawa kereta dapat berjalan hingga kecepatan 120 kilometer perjam, maka di Sulawesi ini nantinya akan dapat berjalan dengan kecepatan hingga 200 kilometer perjam dengan beban muatan hingga berkapasitas 25 ton. Jauh lebih besar dibandingkan dengan daya angkut kereta di jawa yang hanya 20 ton.
         Selain dari segi kecepatan dan kapasitas beban, rencananya kereta yang akan dibangun di Sulawesi akan menggunakan ukuran jalur rel yang lebih besar dari jalur rel yang ada di Pulau Jawa. Jika di Pulau Jawa menggunakan ukuran rel 54 maka di Sulawes akan dibangun dengan ukuran rel sebesar 60. Proyek sendiri ditargetkan akan rampung hingga tahun 2018. Untuk batangan rel sendiri akan didatangkan ke Sulawesi pada bulan September di tahun 2015 ini. Kereta api ini sudah lama menjadi harapan masyarakat di Sulwesi, karena nantinya KA tersebut dapat mendorong laju perkekonomian melalui kemudahan akses dari arus barang dan jasa. Sehingga akan tercipta laju perekonomian yang lebih cepat dan terintegrasinya wilayah-wilayah di Sulawesi.
         Nah sobat, seperti itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan kepada sobat semua pad akesempatan kali ini. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi terkait dengan sejarah perjalanan dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya sobat.... Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...