orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Kementrian Perhubungan Kembali Menyiapkan Jasa Pengiriman Sepeda Motor Pemudik Gratis Dengan Kereta Api



Pada lebaran tahun 2015 ini kementrian perhubugnan kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi sepeda motor dengan menggunakan jasa layanan kereta api. Setidaknya untuk lebaran nanti, kementrian telah menyiapkan kuota sebanyak 6300 sepeda motor yang dapat diangkut dengan kereta api setiap harinya. Bagi pemudik yang mendaftarkan motornya diangkut dengan KA, maka akan mendapatkan layanan prioritas untuk pembelian tiket KA sebanyak 4 kursi dengan ketentuan 2 untuk dewasa dan 2 untuk anak-anak.
PT KAI sendiri telah menyiapkan dua rangkaian KA kelas ekonomi dengan relasi Pasar Senen-Kertosono. Layanan gratis untuk angkutan sepeda motor dengan KA ini nantinya akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan menggunakan rangkaian KA Kutojaya Utara menuju beberapa stasiun di wilayah Jawa Tengah seperti Stasiun Kejaksan Cirebon, Stasiun Tegal, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, dan Stasiun Solo Jebres. Untuk pengiriman sepeda motor yang melalui jalur lintas Utara dengan tujuan Cirebon, Tegal, dan Semarang akan diberangkatkan dari Jakarta pada pukul 19.55 WIB.
         Sedangkan pengiriman sepeda motor yang melalui jalur Selatan (Kutoarjo, Yogyakarta, Solo) diberangkatkan pada pukul 17.55 WIB.Untuk periode perjalanan KA yang mengangkut sepeda motor untuk lebaran kali ini akan disesuaikan dengan hari Raya Idul Fitri. Tiket untuk mengirim sepeda motor akan diberikan saat pengiriman motor dari Stasiun Jakarta Gudang dan penyerahan motor diterima satu hari dan paling lambat 3 jam sebelum jadwal KA yang mengangkutnya diberangkatkan.
           Dalam meyelenggarakan angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api ini, kementrian perhubungan telah mangalokasikan dana antara 5 hingga 10 miliar rupiah, melalui dana APBN tahun 2015. Tujuan dari layanan angkut gratis sepeda motor dengan KA ini sendiri adalah agar masyarakat dapat mudik dengan selamat dan mengurangi angka kecelakaan kendaraan di jalan raya. Seperti yang kita ketahui, bahwa angka kecelakaan kendaraan roda dua saat mudik lebaran selalu bertambah setiap tahunnya.
                Untuk mekanisme pengiriman sendiri tidak akan jauh berbeda dari tahun lalu, yang mana para calon pengirim sepeda motor harus memiliki tiket KA terlebih dahulu baru bisa mengirimkan sepeda motornya yang kemudian akan dapat diambil di kota tujuannya. Untuk pendaftaran angkutan gratis sepeda motor sendiri bisa dilakukan secara dua tahap yang bertempat di kantor Kementrian Perhubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...