orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Inilah Peta Perkembangan Jalur Rel KA di Jawa, Sumatera, dan Madura

        Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Rasanya sulit sekali untuk mengetahui lebih jelas mengenai perkembangan jalur rel yang pernah ada di Indonesia. Sebagai generasi tahun 80-90, hingga genrasi tahun 2000-an mungkin kita hanya dapat menikmati sejarah perjalanan kereta api di Indonsia hanya dapat kita nikmati dari sisa-sisa jalur rel yang sudah mati. Meskipun kit adapat menikmatinya, namun sayang, yang hanya dapat kita nikmati hanya sebuah jalur rel mati yang sudah tidak lagi dilewati oleh KA. Lebih mengenaskan lagi, jika tidak hanya sudah mati, tapi relnya pun sudah tidak ad adan beralh fungsi menjadi jalan desa ataupun bangunan ruko dan warung pinggir jalan.


      Namun saat saya berkunjung ke Lawang Sewu saya menemukan sebuah peta zaman Hindia Belanda mengenai perkembangan pembangunan jalur rek KA yang ada di pulau Sumatera, Jawa, dan Madura. Dari gambar peta tersebut saya dapat melihat betapa banyaknya jalu rel KA yang ada di Indonesia. Bahkan menurut sejarah yang ada jalur rel KA kita pernah di bawa ke Burma oleh Jepang sepanjang 900 kilometer. Namun hingga kini yang tersisa dari jalur rel yang masih hidup mungkin belum separuhnya dari jalur yang pernah ada di Indonesia.

     Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk mengajak sobat semua melihat lebih lanjut tentang perkembangan jalu rel yang ada di Indonesia. Yaitu melalui sebuah peta perkembangan jalur rel dari tahun 1800 an hingga rahun 1900 an. Semoga beberapa gambar yang saya abadikan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua yang ingin mengetahui mengenai jalur rel yang pernah ada di Indonesia.












Jangan lupa untuk terus mengikuti perjalanan sejarah dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Sobat juga bisa mengikuti foto-foto lainnya melalui akun intagram kali dengan nama @dipolokomotifmojosari. Jaya Selalu Negeriku Indonesia dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...