orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Ingin Naik KA Lokalan Seperti Jenggala dan Batarakresna? Ini Dia Caranya

Selamat pagi sobat semua dan salam spoor...!!!! Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips kepada sobat semua yang bisa digunkan bagi sobat yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan KA Lokal bertarif murah seperti KA Jenggala yang ada di Daop 8 (Mojokerto-Sidoarjo PP) ataupun KA Batarakresna yang ada di Daop 6 (Purwosari-Wonogiri PP). Seperti yang kita ketahui, bahwasanya 2 macam KA ini merupakan KA dengan relasi yang tidak begitu jauh, namun ditempuh dengan KA yang nyaman dan ditambah lagi dengan tarif yang sangat terjangkau. Ketiga dari penjabaran saya diatas merupakan alasan mengapa pada hari libur, KA seperti ini banyak sekali diminati oleh para penumpang yang berada di kota-kota yang menjadi tempat pemberhentian 2 KA tersebut.

     Maka dari itu, saya mencoba untuk mengulasnya dengan memberikan beberapa tips yang bisa sobat coba sebagai persiapan sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan KA ini. Tulisan ini saya rekomendasikan untuk sobat yang akan berpergian di hari libur. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah:
Pastikan Jam Pemberangkatan

         Dalam berbagai macam aktifitas, penjadwalan atau yang biasa disebut dengan timing adalahs angat penting. Hal ini terkait erat dengan rangkaian agenda yang akan sobat lakukan selama perjalanan. Sebelum hari H, pastikan dahulu bahwa sobat akan berangkat dengan KA jam sekian dan akan menghabiskan waktu di tempat tujuan hingga jam sekian dan akan kembali jam sekian. Hal ini amat sangat penting dilakukan agar sobat terhindar dari waktu yang membosankan. Biasanya tiket KA seperti ini dijual 3 jam sebelum pemberangkatan (jika tidak ada perubahan) dan tiket masih akan dijual jika masih terdapat kuota tempat duduk ataupun ruang toleransi untuk berdiri penumpang. Jadi pergilah ke stasiun untuk membeli tiket pemberangkatan terlebih dahulu setelah memastikan jadwal jam keberangkatan Ka-nya. Jika pada hari biasa, ketersediaan tempat duduk untuk KA jenis ini masih terdapat peluang besar, namun juga tetap memperhatikan jam. Pada hari biasa, usahakan menghindari jam berangkat sekolah dan pulang sekolah/ kantor.
Pastikan Jumlah Penumpang
           Tips kedua ini berkaitan dengan jumlah penumpang yang akan sobat ajan naik KA. Menentukan jumlah penumpang ini sama pentingnya dengan menentukan jadwal KA. Karena satu orang hanya diperbolehkan untuk memberli maksimal 4 buah tiket. Jadi, jika sobat membawa misalkan lebih dari 4 orang, maka paling tidak ada dua orang yang ikut menganti tiket. Karena loket pembelian tiket tidak akan menerima apapun alasan sobat untuk membeli tiket lebih dari 4 penumpang.

Datang Tepat Waktu
      
          Hampir sama seperti naik KA pada umumnya, sobat harus datang ke stasiun tepat pada waktunya. Maksud dari tepat waktu adalah, maksimal setengah jam sebelum KA berangkat sobat sudah berada di stasiun. Rugi dong, kalau sudah membeli tiket dan merencanakan jadwal perjalanan namun saat eksekusi sobat justru ketinggalan kereta. Kalau pergi secara rombongan bersama teman-teman usahakan masing-masing orang sudah memegang tiketnya masing-masing dan bertemu di stasiun saja. Hal seperti ini sebagai upaya untuk jaga-jaga agar tidak terjadi saling tunggu dan saling bergantung. Jadi kalau ada teman yang telat atau tidak terangkut dengan KA akibat kesalahannya sendiri, tidak berimbas pada teman-teman yang lainnya.

Turun dan Segeralah Beli Tiket Pulang

           Nah sobat, cara yang terakhir ini adalah cara untuk mebeli tiket pulang. Sesaat sebelum KA tiba di stasiun tujuan, usahakan sobat sudah bersiap-siap dipintu keluar KA. Hal ini dilakukan untuk menghindari desakan penumpang saat keluar dari pintu KA. Karena sudah bisa dipasitkan, bahwa saat musim liburan, KA seperti ini akan penuh dengan anak-anak dan keluarga yang menghabiskan liburan hanya dengan menaikai KA ini. Setelah pintu KA terbuka, maka bergegaslah berlari ke loket penjualan tiket untuk membeli tiket balik ke stasiun asal. Sama seperti saat membeli tiket sewaktu berangkat, pastikan jumlah dan pembeli tiket yang mengantri di loket sesuai dengan aturan dari KAI.
         Nah, jikalau langkah terakhir sudah sobat jalankan, maka kini tinggal sobat melakukan rangkaian agenda jalan-jalan sambil menunggu jadwal KA yang akan membawa sobat kembali pulang ke stasiun asal. Tulisan ini saya ketik berdasarkan pengalaman pribadi saya saat mencoba menggunakan KA Jenggala saat musim libur sekolah tiba. Alhamdulillah, semua rencana saya berjalan lancar,meskipun susasana KA penuh dengan penupang baik anak-anak maupun orang tua mereka yang juga menghabiskan waktu liburan dengan jalan-jalan menggunakan KA.
       Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua, saya harapkan kepada sobat semua untuk terus mengikuti perjalanan sejarah dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Kereta Api Indonesia...!!!!

1 komentar:

  1. Mau tanya mas, untuk KA lokal apa tidak tersedia tiketnya lewat situs KAI atau channel penjualan tiket lain macam Indomaret, PadiTrain, ato agen tiket?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...