orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Mengapa Kereta Api Selalu Menjadi Primadona Angkutan Darat? Ini Dia Alasannya

Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Pernahkah terlintas sesaat dibenak sobat semua, mengapa KA menjadi primadona angkutan darat? Hal ini bermula sejak pertama kali ditemukannya lokomotif uap pertama dan pnggunaan kereta pada aktifitas pertambangan. Dari segi desain, kereta memang dapat mengangkut lebih banyak barang dan juga tanpa harus mengendalikan arah jalannya. Karena kereta berjalan dengan terus mengikuti jalur rel yang merupakan jalur khusus untuk kereta. Seiring berjalannya waktu, modernisasi mesin lokomotif semakin maju, berbagai tekhnologi baru dan inovasi desain terus dibuat oleh para ilmuan dan menjadikan kereta api yang kita lihat sekarang ini.

           Dari yang awalnya hanya menggunakan tungku sebagai tenaga penggeraknya, hingga pada bahan bakar disel, hingga pada tenaga listrik untuk KA dengan kecepatan tinggi seperti yang ada di negara-negara maju. Meskipun demikian, semua KA memiliki kesamaan meskipun dari segi kecepatan dan bentuk berbeda-beda, yaitu sama-sama berjalan diatas rel. Setiap KA biasanya terdiri dari lokomotif (sebagai mesin penggerak) dan juga gerbong (baik untuk mengangkut penupang ataupun mengangkut barang). Namun penamaan gerbong sendiri masih memiliki banyak arti ada yang mengatakan gerbong untuk barang dan kata kereta untuk penumpang. Tapi yang akan saya bahas disini adalah alasan mengapa KA menjadi primadona angkutan darat.
         Dari sedikit penjabaran singkat diatas, sepertinya sobat sudah bisa mengambil beberapa point penting yang membedakan KA dibandingkan dengan angkutan darat lainnya. Pertama adalah dari segi jalur yang dilalui, karena KA berjalan pada jalur khusus yang disebut rel, hal ini menjadikan waktu tempuh KA lebih efisien dibandingkan dengan angkutan darat lainnya yang berjalan pada media yang sama yaitu jalan raya. Kedua, dari segi daya angkutnya, karena pada umumnya KA seperti di Indonesia terdiri dari 12 rangkaian (rangkaian maksimal) yang mana terdiri dari satu lokomotif pengerak, satu kereta makan, dan satu kereta pembangkit/ kereta barang, dan 10 kereta penumpang. Menjadikan angkutan ini memiliki daya angkut yang lebih banyak dibangingkan dengan bis atau truck.
            Jika pada kelas ekonomi saja dapat mengangkut hingga 106 penumpang setiap gerbongnya, maka jiga 10 gerbong, maka setiap satu rangkaian KA dapat mengangkut paling tidak sekitar 1060 penumpang sekali perjalanannya. Hal ini tentu jauh lebih besar dibangingkan dengan kursi bis yang hanya sekitar 60-80 seat. Ketiga, dari segi angkutan barang, bagi para pembisnis tentu waktu adalah uang. Ketepatan waktu merupakan harga mutlak bagi seorang pembisnis. Dengan menggunakan angkutan KA, distiribusi barang bisa lebih efektif dan efisien dan tentunya jauh lebih aman dibangingkan dengan menggunakan angkutan darat. Dimana terdapat jaminan waktu sampai barang dari pengiriman hingga tujuan.  Jadi para pengusaha tidak lagi perlu khawatir dan ketar ketir akan keamanan dan kedatangan barang kirimannya.
          Jika dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan angkutan darat dapat memakan waktu 15 jam atau lebih, maka dengan menggunakan KA mungkin hanya ditempuh kurang lebih sekitar 10 jam. Belum lagi pengiriman akan terhindar dari kemacetan serta jalan yang berlubang dan berliku-liku yang penuh dengan resiko pengiriman.  Keempat, dari segi perawatan, KA lebih memiliki nilai erawatan yang lebih kecil dibandingkan dengan angkutan darat. Bayangkan saja, rangkaian yang digunakan ada juga yang berumur setengah abad dan lebih dari setengah abad.

         Dari segi sarana perjalanan seperti jalur rel dan jembatan, jgua lebih awet dibandingkan dengan jembatan dan jalan raya yang dilalui berbagai macam jens kendaraan. Nah sobat, kalau boleh saya merangkum dari penjabaran saya diatas adalah, setidaknya keunggulan angkutan KA ada pada efisiensi waktu tempuh dan juga daya angkutnya dibandingkan dengan angkutan darat lainnya. Nah sobat semoga sedikit goresan kata-kata ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa untuk terus mengikut sejarah perjalanan dan pesona keindahan KA hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...