orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Untuk Yang Tinggal di Daop 8 Surabaya, Apa Sudah Pernah Naik KRD Jenggala?



        Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor....!!!! Untuk sobat yang tinggal di Daop 8, apa teman-teman semua sudah pernah naik KRD jenggala? Meskipun saya tinggal di Mojosari-Mojokerto, saya sendiri belum pernah sekalipun mencoba untuk naik rangkaian KA ini, maklum saja, meskipun saya tinggal di Mojosari namun untuk smeentara waktu ini saya masih berdomisili di kota perantauan Yogyakarta. Bahkan saat teman-teman dari MR22 (Mojokerto Railfans) mencoba KA ini pada perjalanan perdananya, saya hanya bisa menikmati foto-fotonya. Maka pada liburan semester kemarin, saya bersama ibunda tercinta saya kami berdua mencoba untuk jalan-jalan menggunakan KA ini setelah sebelumnya kami gagal melakukan perjalanan dikarenakan saya tidak tahu jikalau tiket KA harus dibeli terlebih dahulu tiga jam sebelum pemberangkatannya.

 Ruang kabin yang adem dan bersih

          Maka pada kesempatan kali ini saya tidak akan membuang-buang waktu lagi, setelah sholat subuh saya langsung meluncur dari Mojosari menuju Stasiun Mojokerto untuk membeli tiket KA Jenggala pemberangkatan pertama. Alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan dua tiket untuk sekali perjalanan bersama ibu saya menuju Kota Sidoarjo. Waktu pemberangkatanpun tiba, kini saya sudah berada di atas KA. Untuk ukuran KA sekelasnya, Acnya saya katakan sudah cukup dingin. Segi interior masih sangat bagus dan masih kinyis-kinyis, maklum saja Kanya masih baru. Pintu penutup masih berfungsi dengan baik secara otomatis, led display runing tekxt juga berfungsi sempurna, saya memberikan nilai 9 untuk KA ini. 



Masinis dan asisten masinis sudah bersiap di ruang kabin


       Harga tiket yang sangat murah hanya sebesar 4000 rupiah untuk sekali jalan pertiket. Tidak lama kemudian KA berangkat meinggalkan Stasiun Mojokerto menuju Sidoarjo. Deru mesin KA sendiri masih terdengar halus bagai sutera dan berjalan mulus seperti mentega. Kira-kira lepas Stasiun Mojokerto KA tersebut berjalan sekitar 40-60 KM perjam. Namun setelah lepas Stasiun Tarik menuju Stasiun Tulangan KA ini hanya berjalan dengan kecepatan sekitar 40 KM perjam. Ya cukup lembut dan cukup pelan, namun saya rasa kecepatan seperti itu sudah cukup untuk jarak tempuh yang sangat singkat. Seandainay KA digeber dengna kecepatan 60-80 tentu waktu tempuhnya jadi sangat singat dan ktia tidak bisa menikmati perjalanan dan pemandangannya. 


Masih di Stasiun Mojokerto


         Waktu tempuh sendiri sekitar kurang lebih satu jam perjalanan dari Mojokero menuju Sidoarjo. Pada hari-hari biasa, okupansi penumpang KA ini sangat sepi, hanya ramai pada saat jam-jam masuk sekolah saja. Namun pada saat liburan sekolah seperti hari sabtu atau Minggu, wah penumpang bisa membeludak berkali lipat. Bahkan tidak sedikit penumpang yang berdiri di dalam kereta. Kebanyakan penumpang yang ada di hari libur menggunakan KA ini sebagai sarana rekreasi keluarga. Penumpang dari Mojokerto menuju Sidoarjo kemudian kembali lagi ke Mojokerto begitupun penumpang yang dari Sidoarjo hanya pergi ke Mojokerto kemudian kembali ke Sidoarjo. 


Anak kecil yang penasaran dengan ruang kabin













 Lihatlah antriannya

 Perisapan balik MR

 Dilarang merokok gaes...

 Menunggu silangan dengna banyak KA di Sta Tarik

Kembali tiba di Mojokerto


          Saya rasa jeda waktu yang ada antara kedatangan dengan KA selanjutnya cukup panjang sekitar 3 jam an. Waktu tersebut bisa dimanfaatkan bagi para penumpang untuk jalan-jalan menuju alun-alun baik yang berada di Kota Mojokerto maupun yang ada di Kota Sidoarjo. Cukup menarik bukan melakuakn peralanan sekaligus berekreasi dengan KA ini. Nah untuk sobat yang berada di Daop 8 dan belum mencoba rangkaian KA ini bisa langsung mencobanya. Jangan lupa untuk terus mengikuti perjalanan sejarah dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomotif Mojosari. Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...