orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Sudah Pernah Merasakan Naik Kereta Api Kaligung Mas? Ini Dia Sensaasinya

         Selamat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!! Sudah lama sekali saya tidak mengupdate berita yang ada di Dipo Lokomotif Mojosari dikarenakan banyaknya tugas kuliah yang menumpuk dan juga tugas akhir saya sebagai mahasiswa pasca sarjana yang harus sesegera mungkin saya selesaikan. Namun disela-sela mengerjakan banyaknya tugas tersebut saya akan selalu berusaha untuk terus mengupdate berita postingan yang ada di web ini. Tulisan saat ini merupakan sebuah cuplikan dari pengalaman saya saat mencoba naik kereta api Kaligung Mas dari Kota Semarang menuju Kota Pekalongan. Untuk harga tiket kereta api ini sendiri dipatok dengan harga sebesar 47.000 rupiah untuk relasi dua kota tersebut.

Lokomotif langsiran rangkaian Kaligung Mas

         Tiket kereta api juga bisa dibeli dengan dua cara, yaitu dengan membeli tiket melalui sistem online ticketing dan juga langsung secara go show, itupun jikalau masih tersedia tempat duduk yang kosong. Sebelumnya rangkaian kereta api ini menggunakan rangkaian dari KRDE seperti yang digunakan Prambanan Ekspress, namun corak lierynya berwarna merah dan putih dan biasa disebut oleh para railfans dengan sebutan angry bird. Namun setelah rangkaian KRDE yang dulu digunakan sudah dimutasi ke jalur Selatan (pernah digunakan sebagai Arjuno Ekspress dan juga Madiun Jaya sebagai kereta api cadangan), rangkaian kereta Kaligung Mas menggunakan rangkaian kereta kelas ekonomi.

 Gerbongnya udah new livery

         Saat saya menggunakan rangkaian KA ini, rangkaian KA sudah didominasi dengan warna livery baru yang digadang-gadang disebut denan liery air lines dan akan menggantikan liery lama yang ada saat ini ditahun 2017. Terdapat perbedaan interior dan eksterior kereta dengan liery baru ini dengan kereta yang masih menggunakan liery lama (warna orange). Pada eksterior jelas perbedaannya terletak pada warna livery, sedangkan pada interior perbedaannya terletak pada warna interiornya. Pada interior kereta new livery, warnanya cendrung didominasi dengan warna putih tulang hampir ke abu-abu sehingga memberikan kesan mewah dan terang. Berbeda dengan livery lama yang warnanya sedikit agak gelap dengan warna kursi hijau. 

Warna kabin lebih terang dan berkesan mewah

       Sama seperti rangkaian KA dengan livery lama, rangkaian KA livery baru ini secara keseluruhan jgua sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan. Selain dari segit eksetiror dan interior, toilet keretapun terlihat cukup bersih karena corak interiornya yang berwarna putih dan bersih. Nah setelah kita berbicara dari segi eksterior dan interior kini saya akan bicara waktu tempuhnya. Untuk jarak tempuh dari Semarang menuju Pekalongan sendiri ditempuh hanya dalam waktu kurang lebih satu setengah jam, waktu tempuh yang jauh lebih cepat dan lebih murah dibandingkan dengan jika kita menggunakan angkutan jalan raya. 

Rute KA

         Dari segi kenyamanan, kereta api ini cukup nyaman dan bersih,namun sayangnya pendingin ruangan yang terdapat di dalam kereta kurang greget alias kurang dingin. Namun saya rasa cukup untuk menjaga suhu ruangan agar para penunpang tidak sampai berkeringat. Rangkaian kereta api sendiri biasanya ditarik dengan menggunakan lokomotif seri CC201. Setidaknya terdapat dua kereta api serupa yang hampir sama yang sering saya naiki saat pergi ke Pekalongan, Kaligung Mas dan Kamandaka. Nah sobat beginilah sedikit informasi mengenai kesan pengalaman saya saat ke Pekalongan dengan menggunakan Kaligung Mas.

 Sambungan gerbong

 Bogie tua rasa anak muda, empuk

 Rem gerbong

 Seri gerbong buatan 1994

 Siap berdinas

 Kaligung mas

 Gerbong ini lebih tua gaes, 1965

 Pintu gesernya masih lancar jaya

 Toiletnya bersih

 New livery selendang pecut hahaha...

 Warna gerbongnya masih kinyis-kinyis

 KA Barang kontainer

 Siap mengantarkan ke Pekalongan hingga Tegal

Tiba di Pekalongan

        Semoga sedikit tulisan ini dapat bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa untuk terus mengikuti sejarah perjalanan dan pesona keindahan kereta api Indonesia hanya di Dipo Lokomotif Mojosari ya sobat. Sampai jumpa pada postinan selanjutnya dan Jaya Selalu Kereta Api Indonesia....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...