orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Manuver Tajam KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Ujungnegoro Kabupaten Batang

Manuver indah rangkaian KA Argo Bromo Anggrek
Selamat dan semangat pagi sobat semua dan Salam SpooR.!!!!! Semoga sobat semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan yang Maha Kuasa. Nah sobat, berbeda dari postingan sebelumnya, pada postingan kali ini saya ingin mengajak sobat semua untuk menikmati rangkaian kereta api baik jarak jauh, menengah atau sedang, dan jarak pendek yang melintas di area Stasiun Ujungnegoro yang berada di Kabupaten Batang. Meskipun saya sudah sering sekali bolak-balik melewatinya, namun saya berkesempatan untuk mengunjungi lokasi ini beberapa waktu lalu. Namun demikian saya belum begitu familiar dengan spot yang ada di wilayah Batang dan sekitarnya, sehingga saya harus mencari spot yang cocok dan dapat saya gunakan untuk mengambil gambar. Untuk sobat ketahui, spot jalur pantai Utara Jawa, selain terkenal dengan panasnya yang terik, spot Utara Pulau Jawa juga terkenal dengan jalur rel yang membosankan. Tidak seperti jalur rel di sisi Selatan Pulau Jawa dengan berbagai macam kelokan indahnya, jalur Utara ini hampir tidak memiliki kelokan-kelokan tajam seperti yang ada di Selatan. Wajar saja sebenarnya jika dilihat dari topografi dan geografinya yang memang tidak ada pegunungan, sehingga jalur Utara memang tidak memiliki terowongan. 


Namun bagi saya sendiri, justru disitulah letak dari tantangannya, yaitu bagaimana usaha kita untuk melakukan pemetaan spot dan memilih area mana yang akan kita gunakan. Memang bagi kebanyakan Railfans di Indonesia, salah satu area spot terbaik di wilayah Utara ini adalah di daerah Plabuhan. Meskipun sama-sama masih di dalam Kabupaten Batang, namun lokasi tersebut masih tergolong jauh dan sulit untuk dijangkau karena harus masuk melewati jalan desa. (tapi tenang sob, saya punya foto-foto saat hunting disana wkwkwkwkwk). Karena memang lokasi inilah yang menurut saya dekat dengan tempat saya tinggal, maka dengan perhitungan jarak dan waktu tempuh saya memilih area sekitar Stasiun Ujungnegoro. 

Menggunakan lokomotif CC206
Saya pribadi kurang tahu menahu tentang spot ini, sampai pada suatu hari saya melakukan survei terlebih dahulu. Menggunakan bantuan pencitraan satelin yang ada di dalam aplikasi google map, saya mencoba untuk mendeteksi adanya kelokan-kelokan di sekitar wilayah dekat Stasiun Ujungnegoro. Sampai akhirnya saya melihat ada sedikit kelokan berbentuk seperti huruf S (namun memang tidak seekstrim tikungan S yang ada di Sukoreno, Kulonpprogo), tapi saya rasa cukup untuk dapat mendapatkan gambar dengan posisi KA sedikit berbelok. Dan sampai akirnya saya menemukan spot tersebut. Berikut beberapa foto yang berhasil saya abadikan pada moment tersebut. Selamat menikmati sob.

KA Argo Bromo Anggrek tidak lagi menggunakan rangkaian gendut

Saat ini, KA Argo Bromo Anggrek sudah menggunakan rangkaian stainless steel

Menjadi raja jalur Utara Pantai Jawa

Perjalanan Jakarta-Surabaya dalam 9 jam 30 menit

KA dengan waktu tempuh tercepat sampai dengan saat ini

Nah sobat semua, itu dia beberapa foto yang berhasil saya abadikan dari rangkaian KA Argo Bromo Anggrek di sekitar Stasiun Ujungnegoro. Meskipun KA Argo Bromo Anggrek tidak lagi menjadi KA nomor satu di Indonesia dan tidak lagi menggunakan rangkaian kereta berbadan "gemuk", namun kisah dan legenda tentangnya saya rasa tidak akan pernah musnah dari jagad dan sejarah perkeretaapian di Indonesia. Jangan lupa untuk terus mengikuti perjalanan dan perburuan saya di website kita tercinta ini. Doakan semoga website ini, dapat menjadi website dokumen kereta api terbesar di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...