orange

"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-"WEB KA TERBESAR DI INDONESIA"-"UPDATE SETIAP HARI"-

Pesona KA Tawangalun di Sore Hari dari Malang menuju Banyuwangi

KA Tawang Alun dari Malang menuju Banyuwangi
Selamat dan semangat pagi sobat semua dan Salam Spoor...!!!! Semoga pada pagi hari yang indah ini, semua sobat setia pengunjung dipo lokomotif Mojosari masih dalam kesehatan dan selalu bersemangat menjalankan berbagai macam aktifitas yang ada di hari ini. Di tengah wabah pandemi Covid-19 ini saya akan mengajak sobat semua menikmati pesona keindahan rangkaian kereta api dari rumah. Jika pada postingan sebelumnya saya mengajak sobat semua untuk menikmati pesona rangkaian KA Ketel BBM dengan rute Surabaya menuju Madiun yang melintas di Desa Kweden Kembar Kabupaten Mojokerto. Pada postingan kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk menikmati rangkaian KA Tawang Alun dengan rute perjalanan dari Malang menuju Banyuwangi di area Singosari.  KA Tawang Alun sendiri merupakan satu-satunya kereta api kelas ekonomi bersubsidi (PSO) yang melayani rute Malang-Banyuwangi. Satu hal yang unik adalah, jika kebanyakan KA memiliki dua perjalanan dari dua tempat yang berbeda, maka KA Tawang Alun hanya memiliki satu kali perjalanan setiap harinya, baik dari Banyuwangi maupun dari Malang. Dimana pemberangkatan pertama adalah pada pagi hari dari Banyuwangi menuju Malang dan tiba di Malang pada siang hari (sektiar jam 12.30), dan kembali berangkat dari Malang menuju Banyuwangi pada sore harinya dan tiba di Banyuwangi pada malam hari.


Berjalan melewati rel menanjak
Secara tidak langsung, setiap harinya dari pagi sampai dengan malam hari KA ini melakukan perjalanan pulang pergi dari Banyuwangi menuju Malang dan dari Malang menuju Banyuwangi. Setidaknya KA Tawang Alun hanya beristirahat beberapa jam saja di Stasiun Malang Kota Lama, yaitu untuk sebentar mematikan mesin genset, yang kemudian dilanjutkan dengan pembersihan bagian dalam kereta, sebelum akhirnya pada sore hari dipersiapkan untuk perjalanannya kembali menuju Banyuwangi. Sehingga, rangkaian KA Tawang Alun, selalu beristirahat panjang di Stasiun Banyuwangi Baru (sekarang Stasiun Ketapang).

Berlahan berjalan menuju arah Utara
Sebagai satu-satunya KA yang melayani rute Banyuwangi-Malang PP, tidak heran jika okupansi layanan KA ini selalu diminati dan menjadi pilihan bagi penumpang disamping keberadaan bis antar kota. Kelebihan dengan menggunakan rangkaian KA Tawang Alun untuk rute Malang-Banyuwangi ataupun sebaliknya adalah, pada waktu tempuh yang tidak terlalu lama jika dibandingkan dengan menggunakan bis kota. Perjalanan mengalami pemberhentian sedikit lama yaitu ketika KA berhendi di Stasiun bangil untuk melakukan perpindahan lokomotif. Selain dari pada itu, perjalanan KA akan berjalan lancar tanpa hambatan dan minim persilangan.

KA Tawang Alun menembus persawahan area Malang
Untuk lokomotif sendiri, rangkaian KA Tawang Alun, biasa ditarik menggunakan lokomotif seri CC201 miliki dipo Jember. Nah sobat, ini dia beberapa gambar yang berhasil saya abadikan dari rangkaian KA Tawang Alun yang melintas di area belakang karoseri Adi Putro, Singosari, Kabupaten Malang. Selamat menikmati:

KA Tawang Alun (Gambar 1)

KA Tawang Alun (Gambar 2)

KA Tawang Alun (Gambar 3)

KA Tawang Alun (Gambar 4)

KA Tawang Alun (Gambar 5)
Nah sobat, itu dia beberapa gambar yang berhasil saya abadikan melalui kamera yang saya miliki. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kerana telah berkunjung ke website kereta api terbesar di Indonesia. Jangan lupa untuk terus mengikuti postingan yang ada di website ini ya sobat, karena masih akan ada banyak sekali foto-foto menarik lainnya yang akan saya posting di website ini setiap harinya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...